RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nomor : 01
MTS
|
:
|
MTs. Darussalam Manuju
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
|
Kelas/Semester
|
:
|
VII / 1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Memahami lingkungan
kehidupan manusia
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
1.1 Mendeskripsikan keragaman
bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan
|
Alokasi Waktu
|
:
|
8 Jam pelajaran (2 x pertemuan)
|
A.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah selesai melakukan
kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
- Mengidentifikasi proses alam endogen.
- Mengidentifikasi proses alam eksogen.
- Mengidentifikasi dampak dari proses alam endogen dan eksogen.
B. Materi Pembelajaran
1.
Pengertian tenaga endogen dan eksogen.
2.
Jenis-jenis tenaga endogen dan
eksogen.
3.
Dampak dari tenaga endogen dan
eksogen
C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
bervariasi.
2. Diskusi.
3. Inquiri.
4. Tanya jawab.
5. Simulasi.
6. Observasi /
Pengamatan.
D.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan
1
a. Pendahuluan
-
Apersepsi : Buatlah kliping tentang terjadinya gempa bumi di Indonesia!
-
Motivasi : Siswa diminta untuk saling bertukar kliping tentang gempa
bumi tersebut, yang terjadi tahun 2005/2006.
b. Kegiatan
Inti
Eksplorasi
-
Siswa dibagi dalam empat
kelompok.
-
Setiap kelompok diberi tugas
untuk mengamati kliping:
-
Kelompok 1 : Tsunami di Aceh.
-
Kelompok 2 : Gempa di Yogyakarta.
-
Kelompok 3 : Gunung Merapi erupsi.
-
Kelompok 4 : Tsunami di Pangandaran.
Elaborasi
-
Setiap kelompok membuat laporan hasil
pengamatan.
-
Setiap kelompok mempresentasikan
di depan kelas hasil pengamatannya.
-
Tanya jawab tentang perbedaannya.
Konfirmasi
- Guru menanggapi hasil kerja siswa
- Guru memberikan informasi yang sebenarnya atas jawaban dan
pertanyaan selama berdiskusi
- Guru meminta siswa mengecek kebenaran jawaban dari buku sumber
yang ada
c.
Penutup
-
Penilaian
-
Refleksi : Siswa
mengungkapkan kesan terhadap pentingnya mempelajari gempa bumi, tsunami,
dan gunung meletus.
2. Pertemuan 2
a. Pendahuluan
-
Apersepsi :
Sebutkan faktor-faktor yang berkaitan dengan tenaga eksogen.
-
Motivasi : Siswa diajak keluar kelas untuk
mengamai terjadinya pelapukan, dan pengendapan yang ada di sekolah
b.
Kegiatan inti
Eksplorasi
-
Tanya jawab tentang arti tenaga
eksogen.
-
Siswa diminta meberikan contoh
tenaga eksogen yang ada
Elaborasi
-
Mengamati dan tanya jawab tentang
berbagai jenis tenaga eksogen dan dampaknya bagi kehidupan.
-
Tanya jawab.
Konfirmasi
- Guru menanggapi hasil kerja siswa
- Guru memberikan informasi yang sebenarnya atas jawaban dan
pertanyaan selama berdiskusi
- Guru meminta siswa mengecek kebenaran jawaban dari buku sumber
yang ada
c. Penutup
-
Penilaian.
-
Refleksi : Siswa membuat kesimpulan tentang tenaga eksogen.
E.
Sumber dan Media
Pembelajaran
1. Koran.
2. Majalah.
3. Globe.
4. Lembar Penilaian Psikomotorik.
5. OHP.
6. Buku
geografi yang relevan.
F.
Penilaian
1.
Teknik Penilaian:
a.
Tes Tulis.
b.
Tes unjuk kerja.
2. Bentuk
Instrumen
a. Tes
uraian.
b. Tes
identifikasi.
c. Uji
petik kerja produk.
3. Soal/instrumen:
Tes uraian :
(1) Sebutkan
unsur-unsur tenaga endogen!
(2) Berikan
masing-masing 2 contoh gejala tektonik,
vulkanik, dan seisme!
(3) Jelaskan
3 bentuk tenaga eksogen dan akibat yang ditimbulkan!
(4) Sebutkan
3 dampak tenaga endogen bagi kehidupan manusia!
(5) Sebutkan
3 dampak tenaga eksogen bagi kehidupan manusia!
Uji petik kerja produk :
-
Buatlah tulisan mengenai gempa bumi di Indonesia!
Tompobalang,
16 Juli 2013
Mengetahui,
Kepala
MTs. Darussalam Manuju Guru
Mata Pelajaran
Kaparuddin, S.Pd. Hardiyansah, SH.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nomor : 02
MTS
|
:
|
MTs. Darussalam Manuju
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
|
Kelas/Semester
|
:
|
VII / 1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1. Memahami lingkungan
kehidupan manusia
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
1.2 Mendeskripsikan kehidupan
pada masa pra-aksara di Indonesia
|
Alokasi Waktu
|
:
|
8 Jam pelajaran (2 x pertemuan)
|
A. Tujuan
Pembelajaran :
Setelah selesai melakukan
kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1.
Mendeskripsikan pengertian dan
masa pra-aksara di Indonesia.
2.
Mengidentifikasi jenis-jenis
manusia purba di Indonesia.
- Mendeskripsikan perkembangan kehidupan masa para aksara di Indonesia
- Melacak kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia
B. Materi
Pembelajaran
1. Pengertian
dan masa pra-aksara di Indonesia.
2. Jenis-jenis
manusia purba di Indonesia.
3.
Perkembangan kehidupan masa
para-aksara di Indonesia
4.
Persebaran nenek moyang bangsa
Indonesia
C. Metode
Pembelajaran
- Ceramah bervariasi.
- Diskusi.
- Inquiri.
4. Tanya jawab.
5. Simulasi.
6. Observasi /
Pengamatan.
D.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan
1
a. Pendahuluan
-
Apersepsi : Pernahkan melihat fosil manusia?
-
Motivasi :
Siswa diminta untuk menjelaskan asal usul nenek moyang kita.
b. Kegiatan
inti
Eksplorasi
-
Siswa dibagi dalam dua kelompok.
-
Setiap kelompok diberi tugas
untuk mempresentasikan resume:
- Kelompok 1 : Pengertian dan masa
pra-aksara.
-
Kelompok 2 : Jenis-jenis manusia purba.
-
Setiap kelompok membuat laporan
hasil presentasi.
Elaborasi
-
Setiap kelompok mempresentasikan
di depan kelas hasil diskusinya.
-
Tanya jawab tentang perbedaannya.
Konfirmasi
- Guru menanggapi hasil kerja siswa
- Guru memberikan informasi yang sebenarnya atas jawaban dan
pertanyaan selama berdiskusi
- Guru meminta siswa mengecek kebenaran jawaban dari buku sumber
yang ada
c. Penutup
-
Penilaian.
-
Refleksi : Siswa
mengungkapkan kesan terhadap pentingnya mempelajari masa pra-aksara di Indonesia.
2.
Pertemuan 2
a. Pendahuluan
-
Apersepsi : Pernahkan melihat fosil manusia?
-
Motivasi :
Siswa diminta untuk menjelaskan asal usul nenek moyang kita.
b. Kegiatan
inti
Eksplorasi
-
Siswa dibagi dalam dua kelompok.
-
Setiap kelompok diberi tugas
untuk mempresentasikan resume:
- Kelompok
1 : Perkembangan kehidupan manusia purba.
-
Kelompok 2 : Persebaran nenek
moyang bangsa Indonesia.
-
Setiap kelompok membuat laporan
hasil presentasi.
Elaborasi
-
Setiap kelompok mempresentasikan
di depan kelas hasil diskusinya.
-
Tanya jawab tentang perbedaannya.
Konfirmasi
- Guru menanggapi hasil kerja siswa
- Guru memberikan informasi yang sebenarnya atas jawaban dan
pertanyaan selama berdiskusi
- Guru meminta siswa mengecek kebenaran jawaban dari buku sumber
yang ada
c. Penutup
-
Penilaian.
-
Refleksi : Siswa
mengungkapkan kesan terhadap pentingnya mempelajari masa pra aksara di Indonesia.
E. Sumber
dan Media Pembelajaran
1. Lembar Penilaian Psikomotorik.
2. OHP.
3. Buku
IPS/ Sejarah yang relevan.
F.
Penilaian
1.
Teknik Penilaian:
a. Tes
Tulis.
b. Tes
unjuk kerja.
2.
Bentuk Instrumen
a. Tes
uraian.
b. Tes
identifikasi.
c. Uji
petik kerja produk.
3.
Soal/instrumen:
Tes uraian :
(i)
Apa yang dimaksud masa pasa pra
aksara?
(ii)
Berikan masing-masing 2 contoh
jenis manusia megantropus?
(iii) Jelaskan
perbedaan masa berburu dan ladang berpindah?
(iv)
Sebutkan tiga contoh peninggalan
bangunan megalitikum?
(v)
Jelaskan perbedaan bangsa Melayu Muda dan Melayu Tua yang datang
ke Indonesia?
Uji petik kerja produk :
-
Buatlah satu tulisan tentang asal
usul nenek moyang bangsa Indonesia, apakah manusia purba atau yang berasal dari
Yunan!
Tompobalang,
16 Juli 2013
Mengetahui,
Kepala
MTs. Darussalam Manuju Guru
Mata Pelajaran
Kaparuddin, S.Pd. Hardiyansah, SH
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nomor : 03
MTS
|
:
|
MTs.
Darussalam Manuju
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
|
Kelas/Semester
|
:
|
VII / 1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
2. Memahami kehidupan sosial
manusia
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
2.1 Mendeskripsikan interaksi
sebagai proses sosial
|
Alokasi Waktu
|
:
|
8 Jam pelajaran (2 x pertemuan)
|
A.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1. Menjelaskan
pengertian interaksi sosial.
2. Mengidentifikasi
syarat-syarat terjadinya interaksi sosial.
3. Mendeskripsikan
faktor yang mempengaruhi interaksi sosial.
4. Menguraikan
bentuk-bentuk interaksi sosial (asosiatif dan disosiatif).
B. Materi Pembelajaran
1. Pengertian
interaksi sosial.
2. Syarat-syarat
terjadinya interaksi sosial.
3. Faktor-faktor
yang mempengaruhi interaksi sosial.
4. Bentuk-bentuk
interaksi sosial asosiatif dan disosiatif.
C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
bervariasi.
2. Diskusi.
3. Inquiri.
4. Tanya
jawab.
5. Simulasi.
6. Observasi
/ Pengamatan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
1. Pertemuan
1
a
Pendahuluan
-
Apersepsi : Pernahkan melihat proses interaksi sosial?
-
Motivasi :
Siswa diminta untuk menjelaskan syarat interaksi sosial.
b
Kegiatan inti
Eksplorasi
-
Siswa dibagi dalam dua kelompok.
-
Setiap kelompok diberi tugas
untuk mempresentasikan resume:
-
Kelompok 1 : Pengertian interaksi
sosial.
-
Kelompok 2 : Syarat terjadinya
interaksi sosial.
-
Setiap kelompok membuat laporan
hasil presentasi.
Elaborasi
-
Setiap kelompok mempresentasikan
di depan kelas hasil diskusinya.
-
Tanya jawab tentang syarat-syaat
interaksi sosial.
Konfirmasi
- Guru menanggapi hasil kerja siswa
- Guru memberikan informasi yang sebenarnya atas jawaban dan
pertanyaan selama berdiskusi
- Guru meminta siswa mengecek kebenaran jawaban dari buku sumber
yang ada
c
Penutup
-
Penilaian.
-
Refleksi : Siswa mengungkapkan kesan terhadap pentingnya
mempelajari interaksi sosial.
2. Pertemuan
2
a
Pendahuluan
-
Apersepsi : Pernahkan melihat bentuk interaksi sosial?
-
Motivasi : Siswa diminta untuk menjelaskan faktor yang
mempengaruhi interaksi sosial.
b
Kegiatan inti
Eksplorasi
-
Siswa dibagi dalam dua kelompok.
-
Setiap kelompok diberi tugas
untuk mempresentasikan resume:
-
Kelompok 1 : Faktor-faktor yang
mempengaruhi interaksi sosial.
-
Kelompok 2 : Bentuk-bentuk
interaksi sosial.
-
Setiap kelompok membuat laporan
hasil presentasi.
Elaborasi
-
Setiap kelompok mempresentasikan
di depan kelas hasil diskusinya.
-
Tanya jawab tentang bentuk
interaksi sosial.
Konfirmasi
- Guru menanggapi hasil kerja siswa
- Guru memberikan informasi yang sebenarnya atas jawaban dan
pertanyaan selama berdiskusi
- Guru meminta siswa mengecek kebenaran jawaban dari buku sumber
yang ada
c
Penutup
-
Penilaian.
-
Refleksi : Siswa
mengungkapkan kesan terhadap pentingnya mempelajari interaksi sosial.
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Lembar Penilaian Psikomotorik.
2. OHP.
3. Buku
IPS/Sosiologi yang relevan.
F. Penilaian
1.
Teknik Penilaian:
a
Tes Tulis.
b
Tes unjuk kerja.
2. Bentuk
Instrumen
a
Tes uraian.
b
Tes identifikasi.
c
Uji petik kerja produk.
3. Soal/instrumen:
a
Tes uraian :
(1) Apa
yang dimaksud dengan interaksi sosial?
(2) Berikan
masing-masing 3 syarat terjadinya interaksi sosial?
(3) Jelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi sosial?
(4) Sebutkan bentuk-bentuk interaksi sosial ?
(5) Jelaskan
kaitan bahwa interaksi sosial merupakan salah satu bentuk proses sosial?
Uji petik kerja produk :
-
Buatlah suatu tulisan tentang
peranan interaksi sosial bagi kehidupan sosial manusia!
Tompobalang,
16 Juli 2013
Mengetahui,
Kepala
MTs. Darussalam Manuju Guru
Mata Pelajaran
Kaparuddin, S.Pd. Hardiyansah, SH
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nomor : 04
MTS
|
:
|
MTs.
Darussalam Manuju
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
|
Kelas/Semester
|
:
|
VII / 1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
2. Memahami kehidupan sosial manusia.
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
2.2 Mendeskripsikan sosialisasi sebagai proses
pembentukan kepribadian.
2.3
Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial.
2.4 Menguraikan proses
interaksi sosial.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
8 Jam pelajaran (2 x pertemuan)
|
A.
Tujuan
Pembelajaran :
Setelah
selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1. Menjelaskan
interaksi sebagai proses sosial.
2. Menjelaskan
pengertian sosialisasi.
3. Mengidentifikasi
media atau agen sosialisasi.
4. Mendeskripsikan
pola sosialisasi.
5. Menguraikan
fungsi sosialisasi sebagai pembentuk kepribadian.
6. Mendeskripsikan
bentuk-bentuk interaksi sosial
7. Menjelaskan
proses interaksi sosial.
B. Materi Pembelajaran
1. Pengertian
sosialisasi.
2. Media
atau agen sosialisasi.
3. Fungsi
sosialisasi sebagai pembentuk kepribadian.
4. Pola
sosialisasi
5. Bentuk-bentuk
interaksi sosial
6. Proses
interaksi sosial
C. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
bervariasi.
2. Diskusi.
3. Inquiri.
4. Tanya
jawab.
5. Simulasi.
6. Observasi
/ Pengamatan.
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
1. Pertemuan
1
a
Pendahuluan
-
Apersepsi : Pernahkan melihat contoh sosialisasi?
Pernahkan kamu melihat contoh interaksi
sosial
-
Motivasi : Siswa diminta untuk menjelaskan pengertian sosialisasi
dan interaksi
sosial.
b
Kegiatan Iinti
Eksplorasi
-
Siswa diminta datang keruang
audio visual
-
Siswa menjawab pertanyaan
berdasarkan gambar dan pengetahuan mereka
Elaborasi
-
Setiap anak diminta membuat
tanggapan atas apa yang mereka lihat berdasarkan gambar yang ada
-
Guru meminta salah satu siswa
untuk mengungkapkan tanggapan mereka
-
Tanya jawab dan diskusi kecil
Konfirmasi
- Guru menanggapi hasil kerja siswa
- Guru memberikan informasi yang sebenarnya atas jawaban dan
pertanyaan selama berdiskusi
- Guru meminta siswa mengecek kebenaran jawaban dari buku sumber
yang ada
c
Penutup
-
Penilaian.
-
Refleksi : Siswa
mengungkapkan kesan terhadap pentingnya mempelajari sosialisasi.
2. Pertemuan
2
a
Pendahuluan
-
Apersepsi : Pernahkan melihat bentuk bentuk sosialisasi?
-
Motivasi :
Siswa diminta untuk menjelaskan faktor yang mempengaruhi pembentukan kepribadian.
b
Kegiatan inti
Eksplorasi
-
Siswa dibagi dalam dua kelompok.
-
Setiap kelompok diberi tugas
untuk mempresentasikan resume:
-
Kelompok 1 : Pengaruh sosilaisasi
terhadap kepribadian.
-
Kelompok 2 : Bentuk-bentuk sosialisasi.
-
Setiap kelompok membuat laporan
hasil presentasi.
Elaborasi
-
Setiap kelompok mempresentasikan
di depan kelas hasil diskusinya.
-
Tanya jawab tentang bentuk
sosialisasi.
Konfirmasi
- Guru menanggapi hasil kerja siswa
- Guru memberikan informasi yang sebenarnya atas jawaban dan
pertanyaan selama berdiskusi
- Guru meminta siswa mengecek kebenaran jawaban dari buku sumber
yang ada
c
Penutup
-
Penilaian.
-
Refleksi : Siswa
mengungkapkan kesan terhadap pentingnya mempelajari sosialisasi.
E. Sumber dan Media Pembelajaran
1. Lembar Penilaian Psikomotorik.
2. OHP.
3. Buku
IPS/Sosiologi yang relevan.
F. Penilaian
1.
Teknik Penilaian
a
Tes Tulis.
b
Tes unjuk kerja.
2. 2.Bentuk
Instrumen
a
Tes uraian.
b
Tes identifikasi.
c
Uji petik kerja produk.
3. Soal/instrumen
a
Tes uraian:
(1) Apa
yang dimaksud dengan sosialisasi?
(2) Berikan
masing-masing 3 media sosialisasi?
(3) Jelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan kepribadian?
(4) Sebutkan
bentuk-bentuk sosialisasi?
(5) Jelaskan
kaitan bahwa sosialisasi merupakan salah satu bentuk proses sosial?
Uji petik kerja produk :
-
Buatlah suatu tulisan tentang
peranan sosialisasi bagi kehidupan sosial manusia!
Tompobalang,
16 Juli 2013
Mengetahui,
Kepala
MTs. Darussalam Manuju Guru
Mata Pelajaran
Kaparuddin, S.Pd. Hardiyansah, SH
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nomor : 05
MTS
|
:
|
MTs.
Darussalam Manuju
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
|
Kelas/Semester
|
:
|
VII / 1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
3. Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan.
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
3.1 Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi
yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 X 40
menit
|
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah selesai
melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat:
1.
Mendeskripsikan hakekat manusia sebagai makhluk
sosial dan ekonomi yang bermoral.
2.
Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk sosial dan
makhluk ekonomi yang bermoral
3.
Memberikan beberapa contoh tindakan manusia
sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi yang bermoral.
4.
Memberikan beberapa contoh tindakan yang
bertentangan dengan sifat manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi
yang bermoral.
5.
Mengidentifikasi beberapa faktor yang mempengaruhi
perbedaan kebutuhan masing-masing individu.
6.
Mengidentifikasi beberapa macam usaha
manusia dalam memenuhi kebutuhan.
7.
Mewujudkan
hubungan yang harmonis antarmanusia sebagai makhluk sosial &
ekonomi yang bermoral.
B. Materi
Pembelajaran
1. Hakikat manusia
sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi yang bermoral.
2. Ciri-ciri makhluk
sosial dan makhluk ekonmi yang bermoral.
3. Faktor-faktor yang
mempengaruhi kebutuhan manusia.
4. Beberapa contoh
tidakan manusia yang sesuai dan yang tidak sesuai dengan predikat manusia
sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral.
5. Usaha-usaha manusia
dalam memenuhi kebutuhannya.
C. Metode
Pembelajaran
1. Ceramah.
2. Inquiri.
3. Diskusi.
4. Tanya-jawab.
D. Langkah – langkah
Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
2.
3.
|
Pendahuluan
(1) Apersepsi : Coba siapa yang tidak pernah memerlukan
bantuan orang lain?
(2) Motivasi :
Siswa diminta menyebutkan bentuk kerja sama yang pernah ia lakukan.
Kegiatan inti
Eksplorasi
a.
Siswa dibagi menjadi 8 kelompok belajar.
b.
Tiap kelompok belajar terdiri dari 5 anggota
yang merupakan kelompok ahli 1, kelompok ahli 2, kelompok ahli 3, dan
seterusnya.
c.
Setiap kelompok belajar diberi 5 soal yang sama,
tentang :
·
Hakikat manusia sebagai makhluk sosial dan
makhluk ekonomi yang bermoral.
·
Ciri-ciri makhluk sosial dan makhluk ekonomi
yang bermoral.
·
Faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan
manusia.
·
Beberapa contoh tindakan manusia yang sesuai dan
yang tidak sesuai dengan predikat manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi
yang bermoral.
·
Usaha-usaha manusia dalam memenuhi kebutuhannya.
d.
Setelah menerima soal, kelompok belajar
berpencar ke kelompok ahli,
untuk membahas soal sesuai dengan
nomornya.
e.
Kelompok ahli berpencar kembali ke kelompok
belajarnya.
f.
Dalam kelompok belajar, masing-masing anggota kelompok
ahli menjelaskan kepada kelompok belajarnya.
Elaborasi
a.
Salah satu anggota kelompok belajar, ditunjuk
oleh guru untuk mempresentasikan salah satu soal hasil diskusinya .
b.
Anggota kelompok yang baru saja presentasi,
menunjuk anggota kelompok lain untuk menjelaskan salah satu soal, dan
seterusnya kelompok lain menanggapi, dipandu oleh moderator.
Konfirmasi
a.
Guru mengamati dan memberikan penilaian kelompok
/ perorangan.
b.
Bersama-sama siswa guru membuat kesimpulan.
Penutup
-
Penilaian
: Guru memberikan post tes.
-
Refleksi
: Siswa mengungkapkan betapa
pentingnya kerja sama antar manusia
dalam usaha memenuhi kebutuhan hidupnya.
|
5’
20’
30’
10’
10’
5’
|
E. Sumber dan Media
Pembelajaran
1. Sumber
belajar :
a
Buku Panduan Ilmu Pengetahuan
Sosial Terpadu Penerbit Erlangga.
b
Media massa.
c
Lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.
2. Media
: Gambar-gambar.
F. Penilaian
1. Jenis
tagihan : Tes / nontes.
2.
Teknik : Kuis, tes tertulis, dan proyek.
3.
Bentuk instrumen : Uraian singkat, Pertanyaan lisan,
Rubrik penilaian.
4.
Soal/instrumen :
Tes uraian
Jawablah
soal-soal berikut ini dengan singkat dan jelas!
1. Jelaskan hakikat
manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi yang bermoral!
2. Identifikasikan
sedikitnya 3 ciri-ciri manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi yang
bermoral!
3. Identifikasikan
4 faktor yang mempengaruhi kebutuhan
manusia berbeda-beda!
4. Berikan contoh
tindakan manusia yang sesuai dengan predikat manusia sebagai makhluk sosial!
5. Berikan contoh
tindakan manusia yang tidak sesuai
dengan predikat manusia sebagai makhluk eknomi yang bermoral!
6. Berikan contoh
usaha-usaha manusia dalam memenuhi kebutuhannya.
Tompobalang,
16 Juli 2013
Mengetahui,
Kepala
MTs. Darussalam Manuju Guru
Mata Pelajaran
Kaparuddin, S.Pd. Hardiyansah, SH
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nomor : 06
MTS
|
:
|
MTs.
Darussalam Manuju
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
|
Kelas/Semester
|
:
|
VII / 1
|
Standar Kompetensi
|
:
|
3. Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan.
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
3.2 Mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip
ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 X 40
menit
|
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah selesai
melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1.
Mendeskripsikan arti tindakan ekonomi yang
dilakukan manusia.
2.
Mengidentifikasi 3 kegiatan ekonomi yang dilakukan
manusia.
3.
Mengidentifikasi ciri- ciri tindakan ekonomi yang
rasional.
4.
Mendeskripsikan pengertian motif ekonomi.
5.
Mengidentifikasi macam-macam motif ekonomi.
6.
Mendeskripsikan pengertian prinsip ekonomi.
7.
Mengidentifikasi macam-macam prinsip ekonomi.
8.
Mengaplikasikan prinsip ekonomi dalam kegiatan
sehari-hari.
B. Materi
Pembelajaran
1. Tindakan ekonomi.
2. Kegiatan ekonomi yang
utama.
3. Motif ekonomi.
4. Prinsip ekonomi.
C. Metode
Pembelajaran
1. Ceramah.
2. Inquiri.
3. Diskusi.
4. Tanya-jawab.
5.
Strategi Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
2.
|
Pertemuan ke 1.
a. Pendahuluan.
Guru mengabsen kehadiran siswa dan
memeriksa kebersihan kelas.
(1) Apersepsi : Coba siapa
yang membawa bekal
minuman/jajanan dari rumah?
(2) Motivasi :
Siswa diminta menyebutkan kebaikan kalau kita membawa bekal dari
rumah..
b. Kegiatan
inti
Eksplorasi
a.
Siswa dibagi menjadi 8 kelompok belajar.
b.
Tiap kelompok belajar terdiri dari 5
anggota.
c.
Kelompok belajar 1 s/d 8 diberi tugas membuat
ringkasan tentang :
-
Tindakan ekonomi
-
Kegiatan ekonomi yang utama
-
Motif ekonomi
Elaborasi
a.
Guru menunjuk salah satu
kelompok belajar, untuk mempresentasikan hasil diskusinya dan salah satu anggota kelompok lain dijadikan
moderator.
a.
Kelompok yang lain mencermati , bertanya, menyanggah atau
melengkapi..dipandu oleh moderator.
Konfirmasi
a.
Guru mengamati dan memberikan penilaian kelompok / perorangan.
b.
Bersama-sama siswa guru membuat kesimpulan.
c. Penutup
(1) Penilaian :
Guru memberikan post-tes.
(2) Refleksi :
Siswa mengungkapkan betapa
kuatnya motif ekonomi dalam menggerakkan manusia untuk melakukan
kegiatan ekonomi.
Pertemuan ke 2.
a. Pendahuluan.
Guru mengabsen kehadiran siswa dan
memeriksa kebersihan kelas.
a. Apersepsi :
Coba siapa yang membawa bekal minuman/jajanan dari rumah?
b. Motivasi :
Siswa diminta menyebutkan kebaikan kalau kita membawa bekal dari
rumah..
b. Kegiatan
inti
Eksplorasi
a. Siswa dibagi
menjadi 8 kelompok belajar.
b. Tiap kelompok
belajar terdiri dari 5 anggota.
c. Kelompok belajar 1
s/d 8 diberi tugas membuat ringkasan
tentang :
-
Prinsip ekonomi
-
Macam macam prinsip ekonomi
-
Contoh penerapan prinsip ekonomi bagi rumah
tangga / pelajar.
Elaborasi
a.
Guru menunjuk
salah satu kelompok belajar,
untuk mempresentasikan hasil
diskusinya dan salah satu anggota
kelompok lain dijadikan moderator.
b.
Kelompok yang lain mencermati, bertanya, menyanggah atau
melengkapi, dipandu oleh moderator.
Konfirmasi
a.
Guru mengamati dan memberikan penilaian kelompok
/ perorangan.
b.
Bersama-sama siswa guru membuat kesimpulan.
c. Penutup
a. Penilaian :
Guru memberikan post tes.
b. Refleksi :
Siswa mengungkapkan betapa
pentingnya prinsip ekonomi dalam kegiatan hidup sehari-hari.
|
5’
20’
30’
10’
10’
5’
|
E. Sumber dan Media
Pembelajaran
1
Sumber belajar :
a
Buku Panduan Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu
Penerbit Erlangga.
b
Media massa.
c
Lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.
2
Media :
Gambar-gambar.
3
Penilaian
a
Jenis tagihan : Tes
/ non tes.
b
Teknik :
Kuis, tes tertulis, projek.
c
Bentuk instrumen : Uraian singkat, Pertanyaan lisan, Rubrik
penilaian.
d
Soal/instrumen : Tes
uraian
Jawablah
soal-soal berikut ini dengan singkat dan jelas!
1. Diskripsikan arti
tindakan ekonomi!
2. Identifikasikan 3
kegiatan ekonomi yang utama!
3. Identifikasikan ciri
– ciri tindakan ekonomi yang rasional!
4. Diskripsikan
pengertian motif ekonomi!
5. Identifikasikan
sedikitnya 3 macam motif ekonomi!
6. Diskripsikan
pengertian prinsip ekonomi!
7. Identifikasikan 3
macam prinsip ekonomi!
8. Berikan contoh
penerapan prinsip ekonomi yang dapat kamu lakukan sebagai anggota rumah tanggamu!
9. Berikan contoh penerapan prinsip ekonomi yang dapat kamu lakukan
sebagai pelajar!
10. Samakah orang yang
berpegang pada prinsip ekonomi dengan orang yang kikir/pelit?
Tompobalang,
16 Juli 2013
Mengetahui,
Kepala
MTs. Darussalam Manuju Guru
Mata Pelajaran
Kaparuddin, S.Pd. Hardiyansah, SH













Tidak ada komentar:
Posting Komentar