VISUALISASI KEGIATAN



RPP & Silabus



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Madrasah                         :  MTs. Darussalam Manuju
            Mata Pelajaran                        :  Seni Budaya /Seni Rupa
            Kelas / Semester                      :  VII /  1
            Standar Kompetensi   :  Mengapresiasi karya seni rupa
            Kompetensi Dasar                   :  Mengidentifikasi jenis karya seni rupa daerah setempat
            Indikator                                             :  *   Wawasan seni dan prinsip seni.
                                                                           *   Ragam jenis karya seni rupa terapan
                                                                     daerah setempat.
Alokasi Waktu                 :  4 X  40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
      Siswa mampu  :
      1.  Memiliki dan memahami wawasan seni dan prinsip seni daerah setempat
      2.  Mengidentifikasi ragam jenis karya seni rupa terapan  daerah setempat

B.  Materi Pokok/ pembelajaran
·        Pengertian seni
·        Prinsip seni
·                                                                                                                                                                    Ragam karya seni terapan daerah setempat
·                                                                                                                                                                     
C. Metode Pembelajaran
      Diskusi dengan pendekatan Contectual Teaching and Learning

D. Langkah-langkah kegiatan
Pertemuan 1
            a.   Pendahuluan   :
-  Penayangan VCD tentang ragam karya seni terapan daerah setempat
-  Tanya jawab tentang penayangan VCD pembelajaran mengenai keragaman karya seni
                            rupa daerah setempat

            b. Kegiatan Inti
                        Mendeskripsilan pengertian seni dan prinsip seni
Pertemuan 2  :
- Siswa mendeskripsikan keragaman karya aseni rupa terapan daerah seytempat
                secara tertulis
      c.  Kegiatan Penutup
-  Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan keragaman seni rupa terapan
                   daerah setempat
- Siswa menyampaikan laporannya ( laporan tertulis )

 E . Sumber belajar
     *   Media audio visual  ( VCD pembelajaran )
     *   Sarana perpustakaan
     *   Buku teks

F.  Penilaian
            Teknik                                     :   Penugasan
            Bentuk Instrumen                   :   Tugas Projek
        Instrumen                      :   Buatlah laporan dalam bentuk kliping tentang keragaman karya seni
                                                     rupa terapan daerah setempat

Lembar penilaian :
No
Aspek yang dinilai
Nilai
Jml
1
2
3
4
5

1
Kesesuaian tema






2
Kemasan bahan laporan






3
Penampilan contoh karya






4
Kreativitas penataan







Score maksimal

20









  
    KETERANGAN :
    1. = Sangat Kurang  
    2  = Kurang              
    3  = Cukup
    4  = Baik
    5  = Sangat baik
          
Tompobalang, 16 Juli 2013
Mengetahui :                                                                                               
Kepala MTs. Darussalam Manuju                                                    Guru Mata Pelajaran



                        Kaparuddin, S.Pd.                                            Sitti Suryani, S.Pd
































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Madrasah                                            :  MTs. Darussalam Manuju
Sekolah                                               :  SMP  .........
Mata Pelajaran                                    :  Seni Budaya  /  Seni Rupa
Kelas / Semester                      :  VII /  1
Standar Kompetensi               :  Mengapresiasi karya seni rupa
Kompetensi Dasar                   :  Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan  gagasan
                                                         teknik karya seni rupa terapan daerah setempat.
Indikator                                             :  Membuat tanggapan tertulis tentang keunikan
                                                         Karya seni rupa terapan  daerah setempat
               
Alokasi Waktu                                    :  4 X  40 menit

A.        Tujuan Pembelajaran
            Siswa mampu  :
            1.  Menyebutkan beragam jenis karya seni rupa terapan yang ada di daerah setempat
            2.  Memberi tanggapan tentang ciri beragam jenis karya seni rupa terapan  daerah setempat

B.        Materi Pokok/ pembelajaran
            Apresiasi seni rupa terapan daerah setempat meliputi  :  pengertian, jenis, ciri, dan sebagainya.

C.        Metode Pembelajaran
      Diskusi dengan pendekatan Contectual Teaching and Learning

D.        Langkah-langkah kegiatan
            Pertemuan 1
            a.   Pendahuluan   :
             -  Presentasi kliping karya seni rupa terapan yang telah dibuat
            b. Kegiatan Inti
                        -  Mengelompokkan karya seni  yang telah dipresentasikan sesuai dengan jenisnya.
-  Mendiskusikan dalam kelompok keunikan dari karya seni rupa ditinjau dari bahan yang digunakan, fungsinya, cara pembuatannya, berasal dari daerah mana dan sebagainya.
-  Mencatat hasil diskusi kelompok
Pertemuan 2  :
Siswa membuat resume berupa tanggapan tertulis tentang keunikan beragaman karya seni rupa terapan daerah setempat.

            c.  Kegiatan Penutup
                        -  Siswa  mengumpulkan hasil diskusi kelompok

 E . Sumber belajar
     *   Media audio visual  ( VCD pembelajaran )
     *   Sarana perpustakaan
     *   Buku teks

F.  Penilaian
            Teknik                                     :   Penugasan
            Bentuk Instrumen                   :   Tugas Projek
Instrumen                                    :   Buatlah tanggapan tertulis kelompokmu tentang keunikan karya
                                                                            seni rupa terapan yang dipresentasikan dari kliping
                                                                
Lembar penilaian :
No
Aspek yang dinilai
Nilai
Jml
1
2
3
4
5

1
Keaktifan dalam diskusi






2
Pengelompokan karya






3
Kedalaman mutu tanggapan






4
Pengemasan







Score maksimal

20









  
    KETERANGAN :
    1. = Sangat Kurang  
    2  = Kurang              
    3  = Cukup
    4  = Baik
    5  = Sangat baik

          
Tompobalang, 16 Juli 2013
Mengetahui :                                                                                               
Kepala MTs. Darussalam Manuju                                                    Guru Mata Pelajaran



                        Kaparuddin, S.Pd.                                            Sitti Suryani, S.Pd































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Madrasah                             :  MTs. Darussalam Manuju
                        Mata Pelajaran                        :  Seni Budaya  /  Seni Rupa
                        Kelas / Semester                      :  VII /  1
                        Standar Kompetensi   :  Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
                        Kompetensi Dasar                   :  Menggambar bentuk dengan obyek karya seni rupa terapan dari
                                                         daerah setempat
Indikator                                          :  *   Membuat rancangan gambar bentuk benda Kubistis dan
 silindris dari karya seni rupa terapan daerah setempat
                                                                                       *   Membuat  gambar benda kubistis dari karya seni rupa terapan
                                                             daerah setempat
Alokasi Waktu                     :  2 X  40 menit

A.        Tujuan Pembelajaran
            Siswa mampu  :
            1.  Membuat sketsa gambar kubus dan silinder dengan teknik yang bena
            2.  Menerapkan teknik perspektif
            3.  Membuat gambar bentuk kubistis dan silindris benda terapan dari daerah setempat
          
B.        Materi Pokok/ pembelajaran
            Pengertian, teknik menggambar bentuk ( perspektif,arsir, komposisi, gelap terang )

C.        Metode Pembelajaran
            Pendekatan Contectual Teaching and Learning dan life skill

D.        Langkah-langkah kegiatan
            Pertemuan  I
            a.   Pendahuluan   :
           -  Motivasi  dengan menayangkan contoh dari VCD tentang gambar, gambar benda
    kubistis dan silindris dengan teknik perspektif, arsir gelam terang.
            b. Kegiatan Inti
                        -  Berlatih menggambar sketsa kubus dengan teknik perspektif 1 titik dan 2 titik hilang
                            dan teknik arsir gelap terang.
            Pertemuan 2
-  Membuat gambar model benda bentuk kubistis dan silindris yang ditunjukkan kan oleh  Guru di luar kelas dari arah masing-masing siswa
Pertemuan 3
            c.  Kegiatan Penutup
                        -  Mendiskusikan hasil karya
                        -  Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi/ penilaian terhadap hasil karyanya
-  Guru memberi tugas untuk membuat gambar benda  hasil karya seni terapan daerahnya
    
E. Alat dan sumber belajar
   *   Buku teks  ( penerbit Erlangga )
   *   Media cetak

F.  Penilaian
            Teknik                                     :   Tes unjuk kerja
            Bentuk Instrumen                   :   Uji kerja prosedur dan produk

          Instrumen                      :   *   Gambarlah beberapa bentukmodel terapan 3 dimensi yang ada
                                                                                     di halaman sekolah dengan teknik. Gelap terang
                                                                            *   Buatlah gambar benda kubistis dan Silindris  dari benda terapan
                                                       daerahmu.

Lembar penilaian gambar I
No
Aspek yang dinilai
Nilai
Jml
1
2
3
4
5

1
Unsur karya seni






2
Gagasan / tema






3
Ketepatan bentuk






4
Teknik






5
Kreativitas







Score maksimal

20









  
Lembar penilaian gambar 2
No
Aspek yang dinilai
Nilai
Jml
1
2
3
4
5

1
Unsur karya seni






2
Gagasan / tema






3
Ketepatan bentuk






4
Teknik






5
Kreativitas







Score maksimal

20










    KETERANGAN :
    1. = Sangat Kurang  
    2  = Kurang              
    3  = Cukup
    4  = Baik
     5  = Sangat baik          

Tompobalang, 16 Juli 2013
Mengetahui :                                                                                               
Kepala MTs. Darussalam Manuju                                                    Guru Mata Pelajaran



                        Kaparuddin, S.Pd.                                            Sitti Suryani, S.Pd

















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Madrasah                             :  MTs. Darussalam Manuju
                        Mata Pelajaran                        :  Seni Budaya  /  Seni Rupa
                        Kelas / Semester                      :  VII /  1
                        Standar Kompetensi   :  Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
                        Kompetensi Dasar                   :  Merancang karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan
   corak daerah setempat
                        Indikator                                             :  *   Mengidentifikasi ragam karya seni kriya menurut teknik                                                                                                                        dan corak daerah setempat.
                                                                                       *  Mendiskripsikan ragam karya seni kriya menurut teknik
                                                            dan corak daerah setempat.
*  Merancang ( men ) karya seni kriya dengan memanfaatkan
    teknik dan corak daerah setempat
            Alokasi Waktu                        :  2 X  40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
      Siswa mampu  :
      1.  Mengenal ragam karya seni kriya daerah setempat menurut treknik dan coraknya
      2.  Membuat gambar rancangan salahsatu karya kriya dengan memanfaatkan teknik
 dan coraknya          

B.  Materi Pokok/ pembelajaran
·                                                                                                                                                                    Ragam karya seni kriya daearh setempat
·                                                                                                                                                                    Merancang salah satu karya seni kriya daerah setempat dengan memanfaatkan
       Teknik dan coraknya

C. Metode Pembelajaran
     Pendekatan Contectual Teaching and Learning dan life skill

D. Langkah-langkah kegiatan
            a.         Pendahuluan   :
            -  Penayangan VCD tentang pembuatan seni kriya daerah setempat
                        - Siswa memberikan tanggapan tentang teknik dan coraknya
            b.         Kegiatan Inti
                        Merancang / membuat gambar disain krya seni kriya berdasarkan pilihannya sendiri
        
            c.         Kegiatan akhir
                        -  Siswa menyerahkan gambar rancangan
                        -  Guru melaksanakan kegiatan evaluasi tentang proses membuat gambar rancangan
   
E. Alat dan sumber belajar
   *   Media elektronik
   *   VCD / program
   *   Media cetak
   *   Buku sumber

F.  Penilaian
            Teknik                                     :   Tes unjuk kerja
            Bentuk Instrumen                   :   Unjuk kerja  produk
Instrumen                     :   Buatlah sebuah gambar rancangan karya seni kriya dua dimensi atau tiga dimensi daerah setempat di atas kertas gambar A 4 dengan menggunakan media warna bebas.
                                                                          
Lembar penilaian
No
Aspek yang dinilai
Nilai
Jml
1
2
3
4
5

1
Kesesuaian tema






2
Unsur estetika






3
Kreativitas dan berkarya






4
Originalitas







Score maksimal

20









  
    KETERANGAN :
    1. = Sangat Kurang  
    2  = Kurang              
    3  = Cukup
    4  = Baik
    5  = Sangat baik

          
Tompobalang, 16 Juli 2013
Mengetahui :                                                                                               
Kepala MTs. Darussalam Manuju                                                    Guru Mata Pelajaran



                        Kaparuddin, S.Pd.                                            Sitti Suryani, S.Pd































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Madrasah                             :  MTs. Darussalam Manuju
                        Mata Pelajaran                        :  Seni Budaya  /  Seni Rupa
                        Kelas / Semester                      :  VII /  1
                        Standar Kompetensi   :  Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
Kompetensi Dasar        :  Membuat karya seni kriya dengan memanfaat kan teknik dan corak daerah setempat
                        Indikator                                             :  *  Mendeskripsikan secara lisan tentang ragam seni kriya daerah
setempat.
                                                                                       *  Membuat karya seni kriya menurut teknik dan corak daerah
                                                            setempat.
            Alokasi Waktu                        :  2 X  40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
      Siswa mampu  :
      Berkarya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat.

B.  Materi Pokok/ pembelajaran
·               Ragam karya seni kriya daearh setempat
·               Teknik dan corak seni kriya daerah setempat

C. Metode Pembelajaran
     Pendekatan Contectual Teaching and Learning dan life skill

D. Langkah-langkah kegiatan
            a.         Pendahuluan   :
           -  Penayangan VCD tentang pembuatan seni kriya daerah setempat
                        -  Memperlihatkan contoh karya seni kriya yang sudah jadi dari daerah setempat
            b.         Kegiatan Inti
                        Membuat karya seni kriya 2 dimensi atau 3 dimensi dengan memanfaatkan teknik dan
corak daerah setempat
            c.         Kegiatan penutup.
                        -  Setelah Siswa menyelesaikan tugasnya Guru menyampaikan evaluasi / reward tentang
                            proses berkarya yang telah dilakukan oleh peserta didik
           
E.  Sumber belajar
   *   Media elektronik
   *   VCD / program
   *   Media cetak
   *   Perpustakaan
   *   Contoh karya

F.  Penilaian
            Teknik                                     :   Tes unjuk kerja
            Bentuk Instrumen                   :   Unjuk kerja  produk
       Instrumen                         :   Buatlah sebuah kargya seni kriya 2 dimensi atau 3 dimensi
                                                    berdasarkan tekniuk dan corak seni kriya daerah setempat
                                                                           
           

                                                    
Lembar penilaian






No
Aspek yang dinilai
Nilai
Jml
1
2
3
4
5

1
Kesesuaian tema






2
Unsur estetika






3
Kreativitas dalam berkarya






4
Originalitas







Score maksimal

20









  
    KETERANGAN :
    1. = Sangat Kurang  
    2  = Kurang              
    3  = Cukup
    4  = Baik
    5  = Sangat baik

          
Tompobalang, 16 Juli 2013
Mengetahui :                                                                                               
Kepala MTs. Darussalam Manuju                                                    Guru Mata Pelajaran



                        Kaparuddin, S.Pd.                                            Sitti Suryani, S.Pd






























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Madrasah                             :  MTs. Darussalam Manuju
Mata Pelajaran                     :  Seni Budaya (musik)
Kelas/Semester                    : VII / 1 (satu)
Standar Kompetensi            : Mengapresiasi karya seni musik
Kompetensi Dasar               : Menampilkan sikap apreasiatif terhadap keunikan lagu daerah
  setempat
Indikator                              : Mendeskripsikan lagu yang ada di daerah setempat
Alokasi Waktu                     : 4 X 40 Menit ( 2 Pertemuan )

  1. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu              :
1.         Mendiskusikan elemen musik : Irama, Tempo, Nada dan Dinamik lagu daerah setempat.
2. Mempresentasikan hasil diskusi tentang lagu suwe ora jamu.

  1. MATERI POKOK / PEMBELAJARAN
Pengenalan lagu daerah setempat

  1. METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan contectual teaching and learning dan diskusi

  1. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
    1. Motivasi dan apersepsi
·         Mengingatkan kembali pelajaran sebelumnya dan tanya jawab materi yang akan dipelajari.
·         Membagi siswa menjadi beberapa kelompok.
    1. Kegiatan inti
·         Berdiskusi tentang elemen-elemen lagu daerah setempat.
Pertemuan II ( Kegiatan Inti)
·         Mempresentasikan hasil diskusi tentang lagu daerah setempat.
    1. Kegiatan Penutup
·         Menanyakan kesulitan siswa selama PBM.
·         Menyimpulkan materi pembelajaran.

  1. ALAT / SUMBER BELAJAR
·         Buku teks.
·         Lagu-lagu daerah.
·         VCD /CD
·         Kaset
·         Guru

  1. PENILAIAN
1. Teknik                     : Tes tulis.
2. Bentuk instrumen    : Tes Uraian.
3. Instrumen
   a. Presentasikan hasil diskusi tentang lagu daerah setempat.








Lembar Penilaian

No
Aspek Yang Dinilai
SKOR
Jml
1
2
3
4
5
1
Keseriusan dlm Berdiskusi






2
Mengemukan Pendapat






3
Keberanian Mempresentasikan






4
Hasil Rangkuman







Skor Maksimal
20


Ket   :  1. Sangat Kurang ,      2. Kurang ,      3. Cukup,        4. Baik             5. Sangat Baik
           

Tompobalang, 16 Juli 2013
Mengetahui :                                                                                               
Kepala MTs. Darussalam Manuju                                                    Guru Mata Pelajaran



                        Kaparuddin, S.Pd.                                                                Sitti Suryani, S.Pd





































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Madrasah                             :  MTs. Darussalam Manuju
Mata Pelajaran                     :  Seni Budaya (musik)
Kelas/Semester                    : VII / 1 (satu)
Standar Kompetensi            : 4 Mengekspesikan diri melalui karya seni musik
Kompetensi Dasar               : 4.2 Menampilkan hasil aransemen karya lagu daerah setempat
Indikator                              : Menampilkan aransemen lagu etnik setempat secara peorangan
  atau kelompok
Alokasi Waktu                     : 12 X 40 Menit ( 6 Pertemuan )

  1. TUJUAN PEMBELAJARAN
   Pada akhir pelajaran siswa dapat  :
1.      Membaca notasi lagu suwe ora jamu.
2.      Memainkan variasi pola ritme lagu suwe ora jamu.
3.      Memainkan variasi melodi lagu Suwe Ora Jamu.
4.      Memaikan pengembangan pola ritme dengan melodi lagu suwe ora jamu.
5.      Mengkreasikan lagu suwe ora jamu dengan sumber suara.
6.      Menampilkan aransemen suwe ora jamu secara kelompok.

H.    MATERI PEMBELAJARAN
Mengaransir ragam lagu etnik daerah setempat.

  1. METODE PEMBELAJARAN
Model Pendekatan CTL

  1. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
    1. Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi      : Memberikan pertanyaan kuis tentang bentuk dan nilai nada
- Motivasi        : Menyanyikan lagu suwe ora jamu diiringan dengan tepuh ritmis.
          Membagi siswa menjadi beberapa kelompok.
    1. Kegiatan inti
·         Membaca notasi lagu suwe ora jamu secara klasikal.
·         Membaca notasi lagu suwe ora jamu secara kelompok.
Pertemuan Kedua
·         Berlatih memainkan pola ritmi lagu suwe ora jamu dengan menggunakan sumber suara yang ada ( tepuk tangan / tepuk paha )/ secara klasikal
·         Memainkan pola ritme suwe ora jamu dengan menggunakan sumber suara yang ada secara kelompok.
Pertemuan Ketiga
·         Berlatih menyanyikan variasi melodi lagu suwe ora jamu sesuai dengan partitur yang ada secara klasikal.
·         Berlatih menyanyikan variasi melodi lagu suwe ora jamu sesuai dengan partitur yang ada secara kelompok.
Pertemuan Keempat
·         Berlatih memadukan variasi pola ritme dan variasi melodi lagu suwe ora jamu sesuai dengan partitur yang ada secara klasikal.
·         Berlatih memadukan variasi pola ritme dan variasi melodi lagu suwe ora jamu sesuai dengan partitur yang ada secara kelompok.
Pertemuan Kelima
·         Berlatih mengkreasikan lagu suwe ora jamu dengan menggunakan sumber suara / alat musik.
Pertemuan Keenam
·         Menampilkan secara keseluruhan aransemen lagu suwe ora jamu.
             
    1. Kegiatan penutup
·         Menanyakan kesulitan siswa selama PBM.
·         Menyimpulkan materi pembelajaran.

K.    ALAT / SUMBER BELAJAR
Buku kumpulkan lagu-lagu daerah .
Partitur aransemen lagu suwe ora jamu.
Alat-alat musik ritmis.

  1. PENILAIAN
Teknik                         : Tes unjuk kerja.
Bentuk Instrumen       : Tes uju kerja dan produk.
Instrumen                    : Tampilkan hasil aransemen lagu suwe ora jamu dengan alat  musik ( sumber suara ) yang ada         

Instrumen  Penilaian
NO
ASPEK YANG DINILAI
Skor
Jumlah
Skor Maksimum
1
2
3
4
5
1
Attac







2
Harmonisasi







3
Kekompakan







4
Komposisi







5
Release







6
IDE Kreatif








Ket :  N  = Jumlah      x 10
                 Skor max
1. Sangat Kurang,                        2. Kurang        3. Cukup                     4. Baik             5. Sangat Baik
                       

Tompobalang, 16 Juli 2013
Mengetahui :                                                                                               
Kepala MTs. Darussalam Manuju                                                    Guru Mata Pelajaran



                        Kaparuddin, S.Pd.                                                                Sitti Suryani, S.Pd












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Madrasah                             :  MTs. Darussalam Manuju
Mata Pelajaran                     :  Seni Budaya (musik)
Kelas/Semester                    : VII / 1 (satu)
Standar Kompetensi            : Mengapresiasi karya seni musik
Indikator                                          : - Mengidentifikasi jenis-jenis lagu suwe ora jamu
  - Mengidentifikasi elemen-elemen musik, irama, tempo, nada,
    dinamika lagu suwe ora jamu
Alokasi Waktu                     : 12 X 40 Menit ( 6 Pertemuan )

  1. TUJUAN PEMBELAJARAN
     Pada akhir pelajaran siswa dapat  :
a.       Menyebutkan judul lagu yang diperdengarkan.
b.      Menyebutkan jenis alat musik yang diperdengarkan.
c.       Mengidentifikasi elemen-elemen, pola irama, nada lagu suwe ora jamu.
d.      Mengidentifikasi elemen musik tempo dan dinamika lagu suwe ora jamu.

  1. MATERI PEMBELAJARAN
- Lagu etnik daerah setempat suwe ora jamu.

  1. METODE PEMBELAJARAN
Model pendekatan CTL dan hifeskill

  1. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a.      Kegiatan Pendahuluan
– Apersepsi
– Persepsi
– motivasi
                        b.         Kegiatan Inti.
                       
Pertemuan 1. Mendengarkan lagu-lagu daerah setempat.
Pertemuan 2. Melakukan tanya jawab tentang jenis musik yang diperdengarkan.
Pertemuan 3. Mendiskusikan elemen- elemen pola irama, nada lagu- lagu daerah setempat.
Pertemuan 4. Mendiskusikan tentang arti dari syair lagu daerah setempat.
             
c.      Kegiatan penutup
·         Menanyakan kesulitan siswa selama PBM.
·         Menyimpulkan materi pembelajaran.

  1. ALAT / SUMBER BELAJAR
Buku kumpulkan lagu-lagu daerah

  1. PENILAIAN 
Teknik                         : Tes tertulis
Instrumen                    :
1.      Apa Judul lagu yang telah diperdengarkan tadi ?
2.      Sebutkan 3 jenis alat musik yang diperdengarkan ?
3.      Tuliskan salah satu poa irama lagu daerah setempat ?
4.      Tuliskan nada-nada yang digunakan pada lagu daerah setempat yang telah diperdengarkan.
5.      Terjemahkan syair lagu daerah setempat yang baru diperdengarkan kedalam Bahasa Indonesia




Tompobalang, 16 Juli 2013
Mengetahui :                                                                                               
Kepala MTs. Darussalam Manuju                                                    Guru Mata Pelajaran



                        Kaparuddin, S.Pd.                                                                             Sitti Suryani, S.Pd
















































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Madrasah                             :  MTs. Darussalam Manuju
Mata Pelajaran                     :  Seni Budaya (musik)
Kelas/Semester                    : VII / 1 (satu)
Standar Kompetensi            : 4 Mengekspesikan diri melalui karya seni musik
Kompetensi Dasar               : 4.1 Mengaransir secara sederhana karya lagu daerah setempat
Indikator                                          : Menuliskan pola irama lagu etnik setempat
  Mengaransir secara sederhana elemen-elemen musik lagu etnik daerah setempat
Alokasi Waktu                     : 12 X 40 Menit ( 6 Pertemuan )

A.        TUJUAN PEMBELAJARAN
  Pada akhir pelajaran siswa dapat  :
1.    Menyusun pola irama lagu “ suwe ora jamu”.
2.    Menentukan jenis alat musik yang akan digunakan dalam mengaransemen lagu  “suwe ora jamu”
3.    Mengembangkan melodi lagu “ suwe ora jamu”
4.    Mengembangkan pola ritmis lagu “ suwe ora jamu”
5.    Mengkreasi anatara melodi lagu dan ritmis lagu “suwe ora jamu”
6.    Mengaransemen secara sederhana lagu “ suwe ora jamu”

B.        MATERI POKOK / PEMBELAJARAN
Mengaransir lagu daerah setempat “ (suwe ora jamu) “ partitur lagu di ..........

C.        METODE
Model Pendekatan CTL dan hifeskill

D.        LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
a.      Kegiatan Pendahuluan :
1.          Motivasi dan Apersepsi
2.          Apersepsi  : kuis pengertian langkah-langkah aransemen sederhana.
b.      Kegiatan inti
·               Mendengarkan lagu “ suwe ora jamu “
·               Menyanyikan sesuai partitur lagu “ suwe ora jamu”
Pertemuan 2
1.      Mengidentifikasi elemen-elemen musik yang ada pada lagu “ suwe ora jamu”
2.      Membaca notasi melodi pokok lagu “suwe ora jamu”
Pertemuan 3
1.      Mengidentifikasi elemen-elemen musik lagu “suwe ora jamu”
2.      Menuliskan pola irama tempo, nada dan dinamika lagu “ suwe ora jamu”
Pertemuan 4
1.      Mengeksplorasi jenis alat yang digunakan dalam lagu “suwe ora jamu”
2.      Memilih alat musik /instrumen (sumber suara) yang cocok dalam lagu “suwe ora jamu”
Pertemuan 5
-       Mengaransir lagu suwe ora jamu “ sesuai dengan alat musik ( sumber suara) yang di pilih / ditentukan.
Pertemuan 6
1.      Mendiskusikan hasil aransemen dari lagu “suwe ora jamu”
2.      Menyimpulkan dari hasil diskusi       
c.  Kegiatan penutup
1.      Menanyakan kesulitan siswa selama PBM dan memberikan solusinya.
2.      Menugaskan pada siswa agar menyelesaikan tugasnya di rumah.



  1. ALAT / SUMBER BELAJAR
1.      Buku teks
2.      Lagu-lagu daerah
3.      Vcd / CD
4.      Kaset
5.      Guru
  1. PENILAIAN
Teknik                         :  Unjuk kerja.
Bentuk Instrumen       : Tes uji kerja dan produk.
Instrumen                    : Aransemen lagu “ suwe ora jamu “ secara sederhana dengan menggunakan ( sumber suara) alat musik yang ada di lingkungan setempat.
Lembar  Penilaian
NO
ASPEK YANG DINILAI
Skor
Jumlah
1
2
3
4
5
1
Ide Kreatif






2
Pola irama






3
Variasi alat






4
Variasi ornamen melodi






5
Bentuk aransemen







Ket   :  1. Sangat Kurang        2. Kurang        3. Cukup                     4. Baik 5. Sangat Baik
           

Tompobalang, 16 Juli 2013
Mengetahui :                                                                                               
Kepala MTs. Darussalam Manuju                                                    Guru Mata Pelajaran



                        Kaparuddin, S.Pd.                                                                             Sitti Suryani, S.Pd
                                                                                   


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Madrasah                             : MTs. Darussalam Manuju
Mata Pelajaran                     : Seni Budaya / Seni Tari
Kelas/Semester                    : VII ( tujuh ) / 1
Standar Kompetensi            : Mengapresiasikan karya seni tari.
Kompetensi Dasar               : Mengidentifikas jenis karya seni tari tunggal setempat.
Indikator                                          : Menyebutkan jenis-jenis tari tunggal daerah setempat.
                        Alokasi Waktu                        : 4  x  40 menit

A.        Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu  :
1.  Menyebutkan pengertian tari tunggal
2.  Menyebutkan 3 jenis tari dari Kalimantan Tengah
3.  Menyebutkan 2 jenis taritunggal yang ada di Kalimantan Tengah
4.  Menyebutkan jenis tari yang ada di dalam tari Mandau.

B.        Materi Pembelajaran           
Beragam tari tunggal dari daerah Kalimantan Tengah

C.        Metode Pembelajaran          
Ceramah, Pemberian Tugas.

D.        Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran.
Pertemuan  I.
Kegiatan Pendahuluan :
-   Tanya jawab berbagaihal terkait dengan wawasaan siswa mengenai materi yang akan di ajarkan.
Kegiatan Inti :
-           Mendengarkan materi tentang pengertian tari tunggal.
-           Menyaksikan VCD tari tunggal, tari mandau Kalimantan Tengah.
Kegiatan Akhir :
-           Menanyakan kesulitan siswaselama proses belajar mengajar,
-           Menyimpulkan materi pembelajaran.

Pertemuan II.
Kegiaatan Inti :
-  Mendengarkan materi tentang jenis-jenis tari.
-           Menyaksikan VCD jenis-jenis tari dari Kalimantan Tengah
-  Melakukan tanya jawab dengan tarian yang telah disaksikan dihubungkan dengan materi yang diberikan.
-  Memberikan tanggapan pribadi / kelompok secara lisan atau tertulis.

Kegiatan Akhir :
-  Menanyakan kesulitan siswa selama proses belajar mengajar
-  Membuat kesimpulan materi pembelajaran


E.        Alat / Sumber Belajar          
Rekapan Audio Visual, Guru Tari, Penari Etnik.

F.         Penilaian                               
            Tehnik                                     : Tes Lisan dan Tulis.
            Bentuk Instrumen       : Uraian
            Contoh :                      a. Sebutkan pengertian tari tunggal
                                                b. Sebutkan 2 jenis tari yang kau ketahui
                                                c. Sebutkan 2 tari tunggal di Kalimantan Tengah
                                                d. Sebutkan jenis tari yang terdapat dalam tari Mandau

Tompobalang, 16 Juli 2013
Mengetahui :                                                                                               
Kepala MTs. Darussalam Manuju                                                    Guru Mata Pelajaran



                        Kaparuddin, S.Pd.                                                                             Sitti Suryani, S.Pd
                                                           

















































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Madrasah                             : MTs. Darussalam Manuju
Mata Pelajaran                     : Seni Budaya / Seni Tari
Kelas / Semester                  : VII ( tujuh ) / 1
Standar Kompetensi            : Mengekspresikan ddiri melalui karya seni tari.
Kompetensi Dasar               : Memeragakan tari tunggal daerah setempat.
Indikator                              : Memeragakan tari etnik ( tunggal ) daerah setempat sesuai   
  dengan iringan.
                        Alokasi Waktu                        : 2  x  40 menit


A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu  :
1.     Menyebutkan 1 (satu) bentuk tari tunggal Mandau.
2.     Memeragakan 2 (dua) gerak kepala dalam tari tunggal mandau dari Kalimantan Tengah
3.     Memeragakan 2 (dua) gerak tangan dalam tari tunggal mandau dari dari Kalimantan Tengah
4.     Memeragakan 2 (dua) gerak kaki tari tunggak mandau dari Kalimantan Tengah.

B.   Materi Ajara                              
            Tari Tunggal Mandau Kalimantan Tengah.

C.   Metode Pembelajaran               
Ceramah dan Pendekataan CTL.

D. Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran :
     Pertemuan I
1.       Kegiatan Pendahuluan.
Tanyajawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yaang akan
diajarkan .
2.       Kegiatan Inti :
-        Menyaksikan audio visual atau guru memberi contoh tarimandau.
               -           Menyaksikan audio visual tari tunggal mandau
               -           Memeragakan gerak-gerak tari mandau yang telah diberikan  contoh oleh guru tau
               menonton VCD.
Pertemuan  II.
- Memeragakan gerak tangan tari tunggal mandau
-          Memeragakan gerak kaki tari mandau
-          Memeragakan gerak badan taari mandau

3.     Kegiatan Akhir / Penutup :
- Menanyakan kesulitan siswa selama proses belajar mengajar
- Menyimpulkan materi pembelajaran.

E. Sumber Belajar :  VCD, Guru Tari, Penari etnik.

F. Penilaian                                       
            Tehnik                                                 : Tes Unjuk Kerja
            Bentuk Instrumen                   : Uji Prosedur dan Produk.
            Contoh Instrumen                   :           a. Sebutkan 1 bentuk tari mandau.
                                                                                    b. Peragakan 1 gerak kepala tari mandau.


Lembar Penilaian :

Apek-Aspek yang dinilai
Kriteria Penilaaian
1
2
3
4
5
Tehnik gerak kepala





Tehnik gerak Tangan





Tehnik gerak Kaki





Tehnik gerak Badan






Keterangan  :
            1. Sangat kurang         2. Kurang        3. Cukup                     4. Baik             5. Sangat Baik
           
           
           
            .

Tompobalang, 16 Juli 2013
Mengetahui :                                                                                               
Kepala MTs. Darussalam Manuju                                                    Guru Mata Pelajaran



                        Kaparuddin, S.Pd.                                            Sitti Suryani, S.Pd





































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Madrasah                             : MTs. Darussalam Manuju
Mata Pelajaran                     : Seni Budaya / Seni Tari
Kelas / Semester                  : VII ( tujuh ) / 1
Standar Kompetensi            : Mengekspresikan diri melalui karya seni tari.
Kompetensi Dasar               : Mengeksplorasi pola lantai gerak dari tari tunggal daerah   
  setempat.
Indikator                              : Menemukan pola lantai gerak berdasarkan ragam gerak tari
tunggal daerah setempat.
                        Alokasi Waktu                        : 2  x  40 menit


A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu  :
-   Membuat pola lantai sederhana tari tunggal
-   Menyebutkan pengertian pola lantai
-   Membuat dua pola lantai sederhana tari tunggal
-   Membuat pola lantai sederhana dari tari madau Kalimantan Tengah.

B.        Materi Pembelajaran           
Pola Lantai Gerak Tari Daerah Setempat.

C.   Metode Pembelajaran   
Ceramah dan Pendekataan CTL.

D.   Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan I
1.  Kegiatan Pendahuluan.
Tanyajawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yaang akan
diajarkan .
2.     Kegiatan Inti :
               -           Mendengarkan materi tentang pengertian pola lantai
               -           Membuat pola lantai sederhana tari tunggal

Pertemuan  II.
-        Memilih pola lantai yang  disesuikan dengan ragam gerak tarimandau
-        Memeragakan gerak kaki tari mandau secara utuh.
            Pertemuan III.
                        Memeragakan gerak tari mandau dengan iringan musi.

            Kegiatan Akhir / Penutup :
-        Menanyakan kesulitan siswa selama proses belajar mengajar
-        Menyimpulkan materi pembelajaran.

E.        Sumber Belajar  
VCD, Guru Tari, Penari etnik.

F. Penilaian                                       
            Tehnik                                                 : Tes Unjuk Kerja
            Bentuk Instrumen                   : Uji Prosedur dan Produk.
            Contoh Instrumen                   :           a. Sebutkan 1 bentuk tari mandau.
                                                                                    b. Peragakan 1 gerak kepala tari mandau.

Lembar Penilaian :

Apek-Aspek yang dinilai
Kriteria Penilaaian
1
2
3
4
5
Tehnik gerak kepala





Tehnik gerak Tangan





Tehnik gerak Kaki





Tehnik gerak Badan






Keterangan  :
            1. Sangat kurang                     2. Kurang        3. Cukup                     4. Baik             5. Sangat Baik
           
           
           
            .


Tompobalang, 16 Juli 2013
Mengetahui :                                                                                               
Kepala MTs. Darussalam Manuju                                                    Guru Mata Pelajaran



                        Kaparuddin, S.Pd.                                                                Sitti Suryani, S.Pd




































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Madrasah                             : MTs. Darussalam Manuju
Mata Pelajaran                     : Seni Budaya / Seni Tari
Kelas / Semester                  : VII ( tujuh ) / 1
Standar Kompetensi            : Mengapresiasikan karya seni tari.
Kompetensi Dasar               :
5.1 Mengidentifikasikan jenis karya seni tari tunggal daerah
    setempat.
  5.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan seni tari
    tunggal   daerah setempat.

Indikator                              :
1. Menyebutkan jenis-jenis tari tunggal daerah setempat
2. Menyebutkan ragam gerak tari tunggal daerah setempat
3. Menyebutkan keunikan tari tunggal daerah setempat.
4. Mejelaskan makna / arti ragam tari tunggal daerah setempat.

Alokasi Waktu                     : 8  x  40 menit


A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu  :
1. Menyebutkan pengertian tari tunggal.
2. Menyebutkan  jenis tari sebanyak 3 macam,
3. Menyebutkan 2 jenis tari tunggal mandau Kalimantan Tengah,
4. Menyebutkan 2 ragam gerak tari mandau
5. Menjelaskan 3 keunikan tari mandau,
6. Menjelaskan fungsi tari mandau dalam tradisi masyarakat Kal-Teng.
7. Mejelaskan arti gerak tari mandau sebanyak 3 jenis.
8. Menjelaskan tema yang tersirat dalam tari mandau.

B.   Materi Pembelajaran                
Tari Tunggal Mandau Kalimantan Tengah.

C.   Metode Pembelajaran               
Ceramah , Pemberian Tugas, dan Diskusi.

D.   Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran :
       Pertemuan I
1.     Kegiatan Pendahuluan.
-        Tanyajawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yaang akan
diajarkan .
2.     Kegiatan Inti :
               -           Mendengarkan materi tentang pengertian tari tunggal.
-        Menyaksikan penanyangan dari audio visual tari tunggal mandau
               -           Menyebutkan 3 jenis ragan gerak tari mandau.

Pertemuan  II.
                   -           Menyaksikan penanyangan tari mandau dari audio visual
                   -           Menyebutkan keunikan tari mandau sebanyak 3 jenis.
                   -           Mejelaskan fungsi tari mandau daalam tradisi masyarakat setempat.
Pertemuan III
                   -           Menyaksekan penanyangan tari mandau dari audio visual
                   -           Diskusi kelompok tentang penanyangan tari mandau.
Pertemuan IV.
-        Mempresentasikan hasil diskusi perkelompok.
Kegiatan Akhir / Penutup :
-        Menanyakan kesulitan siswa selama proses belajar mengajar
-        Menyimpulkan materi pembelajaran.

E.        Sumber Belajar : 
Buku Teks, VCD, Guru Tari.

F. Penilaian                                       
            Tehnik                                                 : Tes Tertulis dan Unjuk kerja. Dan lisan.
            Bentuk Instrumen                   : Uraian. Pertanyaan tersusun, presentasi.
            Contoh Instrumen                   :           a. Sebutkan Pengertian tari tunggal.
                                                                                    b. Sebutkan tiga keunikan tari mandau.
                                                                                    c. Presentasikan tari mandau yang kalian pelajari.

 Lembar Penilain :

Apek-Aspek yang dinilai
Kriteria Penilaaian
1
2
3
4
5
Keaktifan mengikuti materi





Kemampuan memberi tanggapan





Kemampuan menjawa uraian





Kemampuan presentasi






Keterangan  :
            1. Sangat kurang         2. Kurang        3. Cukup                     4. Baik             5. Sangat Baik
           
           
           
            .

Tompobalang, 16 Juli 2013
Mengetahui :                                                                                               
Kepala MTs. Darussalam Manuju                                                    Guru Mata Pelajaran



                        Kaparuddin, S.Pd.                                            Sitti Suryani, S.Pd




















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Madrasah                             : MTs. Darussalam Manuju
Mata Pelajaran                     : Seni Budaya / Seni Teater
Kelas / Semester                  : VII (tujuh) / I (satu)
Standar Kompetensi            : Mengekspresikan diri melalui karya seni teater
Kompetensi Dasar               : -         Menerapkan prinsip kerja sama dalam berteater
  -    Menampilkan karya teater dari daerah setempat di kelas
Alokasi Waktu                     : 14 x 40 menit ( 7 x pertemuan )

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

Siswa mampu :
1.   Menentukan naskah teater yang akan dipentaskan.
2.   Menentukan jalan alur cerita (pesan yang disampaikan oleh pengarang, Persoalan pokok
                  yang diinginkan pengarang)
3.   Melisankan naskah teater dan pemesanannya.
4.   Mempelajari watak tokoh yang ada dalam naskah teater.
5.   Melakukan pembagian peran sesuai dengan penampilan ciri fisik gambaran watak pemain
cerita.
6.   Melakukan latihan membaca naskah secara lisan dan latihan pemesanan.
7.   Mengadaptasikan peran berdasarkan kesesuaian peran.
8.   Menentukan jadwal latihan.
9.   Melakukan latihan bloking.
10. Melakukan latihan ulangan dan tinjauna keseluruhan.
11. Mempersiapkan saran dalam permentasan.
12. Berkonsentrasi pada pementasan.
13. Menguasai akting / menguasai penghayatan.
14. Melaksanakan kerjasama dengan pemain lain.

B.     MATERI PEMBELAJARAN

Teater Nusantara daerah setempat

C.    METODE PEMBELAJARAN

Demontrasi (resiprokal saling menilai)

D.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

 1. Kegiatan Pendahuluan
 Pertemuan Pertama     
-           Tanya jawab berbagai hal terkait dengan siswa motivasi persepsi dan apresiasi.
 2. Kegiatan Inti
   Pertemuan pertama (1 )
-                                                                         Mendiskusikan :        a. Naskah teater yang akan dipentaskan
b.        plot /alur cerita atau teater
      -    Melisankan naskah teater dan pemeranannya.
   Pertemuan kedua (2)
-                                                                                      Mempelajari watak tokoh dalam naskah teater
-       Melakukan pembagian peran sesuai dengan penampilan ciri fisik, gambaran watak pemain cerita.
   Pertemuan ketiga (3)
-       Melakukan pembagian peran sesuai dengan penampilan ciri fisik, gambaran watak pemain cerita.
-          Melakukan latihan membaca naskah secara lisan dan latihan pemeranan.
-          Mengadaptasikan peran berdasarkan kesesuaian peran
-          Menentukan jadwal latihan
   Pertemuan keempat (4)
-                                                                                      Melakukan latihan bloking
-                                                                                      Melakukan latihan ulangan dan tinjauan keseluruhan.
-                                                                                      Mempersiapkan sarang dalam pementasan.
   Pertemuan kelima (5)
-                                                                                      Berkonsentrasi pada pementasan.
-                                                                                      Menguasai akting dan penghayatan.
-                                                                                      Melaksanakan kerja sama dengan pemain lain.
   Pertemuan keenam (6)
-          Menampilkan karya teater yang telah dilatihkan disentai dengan penilaian oleh kelompok lain.
         Pertemuan  ketujuh (7)
-          Menampilkan karya teater yang telah dilatihkan dan kelompok yang memberi penilaian.
 3. Kegiatan Akhir / Penutup
-                                                                                      Menanyakan kesulitan siswa selama PBM.
-          Menyimpulkan materi pembelajaran.

E.     SUMBER BELAJAR :

      - Buku Pedoman latihan teknik dasar teater.
      - Menayangkan teater daerah se nusantara .

F.         PENILAIAN
            Teknik                         : Tes unjuk kerja
            Bentuk Instrumen  : Tes Uji kerja Produk
            Contoh Instrumen.
1.  Lakukanlah kegiatan berikut dengan memperhatikan teknik yang benar.
    1. Aktualisasi cerita.
    2. Dialog
    3. Penampilan pemain
    4. Harmoni antar pemain.
2.   Pentaskan sebuah naskah drama ( teater ) di pagelaran sekolah !
3.   Buatlah rencana pementasan teater melalui tiga tahap persiapan pementasan dan penilaian

FORMAT PENILAIAN PEMENTASAN TEATER
NO
Aspek –aspek yang di nilai
Kriteria Penilaian
1
2
3
4
1
Aktualisasi Cerita




2
Dialog





3
Penampilan Pemain




4
Kesesuaian dengan pemeranan




5
Harmoni antar pementasan teater




Saran – saran dalam pementasan teater
1.......................................................................
2........................................................................
3........................................................................

Tompobalang, 16 Juli 2013
Mengetahui :                                                                                               
Kepala MTs. Darussalam Manuju                                                    Guru Mata Pelajaran



                        Kaparuddin, S.Pd.                                                                Sitti Suryani, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Madrasah                             : MTs. Darussalam Manuju
Mata Pelajaran                     : Seni Budaya / Seni Teater
Kelas / Semester                  : VII (tujuh) / I (satu)
Standar Kompetensi            : Mengapresiasi karya Seni Teater
Kompetensi Dasar               : Mengidentifikasi jenis karya seni teater daerah setempat.
Indikator                                          : Menunjukan unsur-unsur seni pertunjukan teater “...................”
  Menyebutkan karya seni teater daerah yang ada di  Jawa Timur  
  dan fungsinya.
  Membuat Sinopsis dari seni teater “........................”
Alokasi Waktu                     : 2x 40 menit ( 2x pertemuan )

F.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Peserta didik mampu :
1.   Menyebutkan unsur-unsur seni pertunjukan teater “...................”
2.   Menyebutkan fungsi seni teater “.....................”
3.   Menulis sinopsis seni teater “.....................”

G.    MATERI POKOK

Teater daerah setempat  “...................”

H.    METODE PEMBELAJARAN

Model pendekatan CTL

I.       LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN

Pertemuan 1.
1.  Memotivasi dan apersepsi ( Pendahuluan )
2.  Kegiatan Inti :
-        Menelaah Buku teks dan media cetak tentang teater “..................”.
-        Menelaah naskah teater “ .................. “.
-        Menjelaskan hal-hal yag perlu diterangkan buku teks dan naskah teater
“......................”.
       Pertemuan 2
1.  Memotivasi dan Apersepsi ( Pendahuluan )
2.  Kegiatan Inti :
-        Melihat pertunjukan teater “..............“ secara langsung melalui media visual.
-        Mengamati dialog, kostum, setting panggung pada teater “ ..................”
-        Membuat sinopsis teater “ ...................”
3.  Kegiatan penutup.
- Menanyakan kepada siswa kesulitan dalam PBM.
- Menyimpulkan materi pembelajaran.

J.      SUMBER BELAJAR :

a.                   Buku teks.
b.                                                                              Media Cetak, audio visual.
c.                                                                               Naskah teater “ ....................”.

F. PENILAIAN
Teknik                                    : Tes Tertulis
Bentuk Instrumen      : Uraian
Soal Instrumen           :
1.      Sebutkan 3 unsur seni teater “ ...................”
2.      Sebutkan fungsi karya Seni Teater ......................”
3.      Buatlah Sinopsis dari pertunjukan Seni teater “...................” yang kamu lihat.


Lembar Penilaian Seni Teater “............................”


Aspek –aspek yang di nilai
Kriteria Penilaian
1
2
3
4
5
Ketepatan Unsur





Ketepatan fungsi






Ketepatan Sinopsis dengan alur cerita





Teknik Penyampaian dalam bentuk lisan






Keterangan : 1 = (SK), 2 = (K), 3 = (C), 4=(B), 5=(SB)

Tompobalang, 16 Juli 2013
Mengetahui :                                                                                               
Kepala MTs. Darussalam Manuju                                                    Guru Mata Pelajaran



                        Kaparuddin, S.Pd.                                            Sitti Suryani, S.Pd



































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                            : SMP Negeri 2 BanjarBaru
Mata Pelajaran                     : Seni Budaya / Seni Teater
Kelas / Semester                  : VII (tujuh) / I (satu)
Standar Kompetensi            : Mengapresiasi karya Seni Teater
Kompetensi Dasar               : Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan dan pesan moral
              seni teater daerah setempat
Indikator                                          : Menuliskan keunikan teater “.................”
                                                                                      Menuliskan pesan moral seni teater “...................”
Alokasi Waktu                     : 4x 40 menit ( 4x pertemuan )

A.        TUJUAN PEMBELAJARAN

Peserta didik mampu :
      1.         Menulis unsur-unsur yang unik melalui penayangan / media audio visual tentang karya
                  seni teater “..................”.
2.  Menjelaskan pesan-pesan moral melalui penayangan karya seni teater “...................”.
3.  Menanggapi secara singkat kesan yang diperoleh dari penayangan seni teater “.................”

B.        MATERI POKOK

Seni teater “ .......................”

C.        METODE PEMBELAJARAN

Model pendekatan CTL

D.        LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

1.  Memotivasi dan apersepsi
2.  Kegiatan Inti :
Pertemuan 1.
Ø  Menyaksikan penayangan karya seni teater “........................”
Ø  Menjelaskan unsur-unsur yang unik tentang karya seni teater “...................”
       Pertemuan 2
Ø  Memberikan tanggapan terhadap karya seni teater “......................” setelah menyaksikan tayangan audio visual, perindividu.
Pertemuan 3
Ø  Lanjutan pertemuan 2.
Pertemuan 4
Ø  Memberikan tanggapan terhadap tanggapan teman saya.

K.    SUMBER BELAJAR :

a.                   Buku teks.
b.                  Naskah teater Mamanda
c.                                                                               VCD.
d.                                                                              Media Cetak.

F. PENILAIAN
Teknik                                    : Tes Tertulis
Bentuk Instrumen      : Uraian
Contoh Instrumen      :
1.      Tuliskan 3 unsur yang unik tentang “ ....................”.
2.      Tuliskan 3 pesan moral tentang teater “ ...................” melalui penayngann yang telah
ditonton.
3.      Tuliskan secara singkat pesn yang diperoleh dari penayangan teater “.................”.






Lembar Penilaian Seni Teater “.......................”


Aspek –aspek yang di nilai
Kriteria Penilaian
1
2
3
4
5
Ketepatan Unsur yang unik





Ketepatan pesan moral






Ketepatan kesan yang diperoleh






Keterangan : 1 = (SK), 2 = (K), 3 = (C), 4=(B), 5=(SB)


Tompobalang, 16 Juli 2013
Mengetahui :                                                                                               
Kepala MTs. Darussalam Manuju                                                    Guru Mata Pelajaran



                        Kaparuddin, S.Pd.                                            Sitti Suryani, S.Pd






























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Madrasah                                         : MTs. Darussalam Manuju
Mata Pelajaran                                 : Seni Budaya / Seni Teater
Kelas / Semester                              : VII (tujuh) / I (satu)
Standar Kompetensi                        : 8.Mengapresiasi diri melalui karya Seni Teater
Kompetensi Dasar                : 8.1 Mengeksplorasi teknik olah tubuh, olah pikir
  dan olah suara.
Indikator                                          : Melakukan teknik olah tubuh, olah pikir dan olah
  suara.
Alokasi Waktu                                 : 6x 40 menit ( 3x pertemuan )

L.     TUJUAN PEMBELAJARAN

Pada akhir pelajaran siswa dapat :
1.  Melakukan teknik olah tubuh.
2.  Melakukan teknik olah fikir.
3.  Melakukan teknik olah suara / pernapasan.

M.   MATERI PEMBELAJARAN

Teater Nusantara setempat “ ..................“ Kalimantan Selatan.

N.    METODE PEMBELAJARAN

Model pendekatan CTL

O.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN

1.   Pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yang akan disajikan, motivasi , apersepsi

2.   Kegiatan Inti :

Ø  Pertemuan 1
a.           Memeragakan tehnik olah tubuh, olah pikir, dan olah suara.
b.          Latihan gerakan olah tubuh sesuai dengan tehnik.
b.          Latihan gerakan kegiatan olah fikir sesuai dengan tehnik.
d.          Latihan gerakan kegiatan olah suara sesuai dengan tehnik.
e.           Latihan berkesinambungan antara gerakan olah tubuh, olah pikir, dan olah suara
/pernapasan.
Ø  Pertemuan 2 (lanjutan pertemuan 1 )
a.           Memeragakan tehnik olah tubuh, olah pikir dan olah suara
b.          Latihan gerakan kegiatan olah fikir sesuai dengan tehnik.
c.           Latihan gerakan kegiatan olah suara/pernafasan sesuai dengan tehnik.
d.          Latihan berkesinambungan antara gerakan olah tubuh,olah pikir dan olah suara/
pernafasan.
Ø  Pertemuan 3 ( lanjutan pertemuan 2 )
a.           Memeragakan tehnik olah tubuh, olah pikir dan olah suara/ pernafasan.
b.          Latihan gerakan olah tubuh sesuai dengan tehnik
c.           Latihan kegiatan olah pikir sesuai dengan tehnik
d.          Latihan kegiatan olah suara/ pernafasan sesuai dengan tehnik.
e.           Latihan berkesinambungan antara gerakan olah tubuh,olah pikir dan olah suara/
pernafasan.
3.            Kegiatan Akhir.
- Menanyakan kesulitan siswa dalam PBM.
- Menyimpulkan materi pembelajaran.

P.     SUMBER BELAJAR :

- Buku Pedoman Latihan tehnik dasar teater
Karya:.................................... Penerbit : .........................



F. PENILAIAN
Teknik                                    : Tes Unjuk Kerja
Bentuk Instrumen      : Tes Uji Kerja Produk
Contoh Instrumen      :
            Lakukan kegiatan berikut dengan menggunakan tehnik yang benar !
a.       olah tubuh
b.      olah pikir
c.       olah suara /pernafasan.


Lembar Penilaian


Aspek –aspek yang di nilai
Kriteria Penilaian
1
2
3
4
5
Teknik Olah tubuh





Teknik Olah fikir






Teknik Olah Suara / Pernapasan






Keterangan : 1 = (Sangat Kurang),  2 = (Kurang),  3 = (Cukup), 4 =(Baik),  5=(Sangat Baik)
         


Tompobalang, 16 Juli 2013
Mengetahui :                                                                                               
Kepala MTs. Darussalam Manuju                                                    Guru Mata Pelajaran



                        Kaparuddin, S.Pd.                                            Sitti Suryani, S.Pd























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                            : SMP Negeri 2 Banjarbaru Kalsel
Mata Pelajaran                     : Seni Budaya / Seni Teater
Kelas / Semester                  : VII (Tujuh), I (Satu)
Standar Kompetensi            : Mengapresiasi karya Seni Teater
Kompetensi Dasar               : Mengidentifikasi jenis karya seni teater daerah setempat.
Indikator                              : -  Menunjukkan unsur-unsur seni pertunjukan teater    
     “...........................”                                              
  - Menyebutkan karya seni teater daerah yang ada di Jawa Timur
    dan fungsinya.
  -  Membuat Sinopsis dari Seni Teater   “...................”
Alokasi waktu                      : 2 x 40 menit ( 2 x pertemuan)

A.        Tujuan Pembelajaran : Peserta didik mampu :
      Menyebutkan unsur-unsur Seni Pertunjukan teater “....................”.
1.  Menyebutkan fungsi seni teater “......................”
2.  Memilih Sinopsis Seni Teater “........................”

B.        Materi Pokok :
Teater daerah “......................”  dari Jawa Timur

C.        Metode Pembelajaran :
Model pendekatan CTL.

D.        Langkah – Langkah kegiatan

Pertemuan 1

1.  Memotivasi dan Apersepsi (Pendahuluan)
2.  Kegiatan Inti :
ü  Menelaah buku teks dan media cetak tentang teater “ Mamanda”.
ü  Menelaah naskah teater “Mamanda”
ü  Menjelaskan hal-hal yang perlu diterangkan buku teks dan naskah teater “Mamanda”.

Pertemuan 2

1.  Memotivasi dan Apersepsi (Pendahuluan)
2.  Kegiatan Inti :
ü  Melihat pertunjukan teater “ Mamanda secara langsung melalui media audio visual.
ü  Mengamati dialog, kostum, setting panggung pada teater “Mamanda”
ü  Membuat Sinopsis teater “Mamanda”.
3.  Kegiatan Penutup
ü  Menanyakan kepada siswa kesulitan dalam PBM
ü  Menyimpulkan materi pembelajaran.

A.    Sumber Belajar       
ü  Buku Teks
ü  Media Cetak, audit visual
ü  Naskah teater “Mamanda”

B.     Penilaian

Teknik                                    : Tes Tertulis
Bentuk Instrumen      : Uraian
Soal Instrumen :
4.      Sebutkan 3 unsur seni teater “ Mamanda”
5.      Sebutkan fungsi karya Seni Teater “Mamanda”
6.      Buatlah Sinopsis dari pertunjukan Seni teater “Mamanda” yang kamu lihat.


Lembar Penilaian Seni Teater “Mamanda”


Aspek –aspek yang di nilai
Kriteria Penilaian
1
2
3
4
5
Ketepatan Unsur





Ketepatan fungsi






Ketepatan Sinopsis dengan alur cerita





Teknik Penyampaian dalam bentuk lisan






Keterangan : 1 = (SK), 2 = (K), 3 = (C), 4=(B), 5=(SB)



Tompobalang, 16 Juli 2013
Mengetahui :                                                                                               
Kepala MTs. Darussalam Manuju                                                    Guru Mata Pelajaran



                        Kaparuddin, S.Pd.                                            Sitti Suryani, S.Pd
































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Madrasah                             : MTs. Darussalam Manuju
Mata Pelajaran                     : Seni Budaya / Seni Teater
Kelas / Semester                  : VII (tujuh) / I (satu)
Standar Kompetensi            : Mengekspresikan diri melalui karya seni
              teater
Kompetensi Dasar               : Menampilkan Sikap apresiatif terhadap keunikan dan pesan
                                                                                      moral seni teater daerah setempat.
Indikator                                          : - Menuliskan keunikan teater “.....................”
                                                                                      - Menuliskan pesan moral seni teater  “......................”
Alokasi Waktu                     : 4 x 40 menit ( 4 x pertemuan )

A.          Tujuan Pembelanjaan
Peserta didik mampu :
1.   menulis unsur-unsur yang unik melalui penayangan / media audio visual tentang karya seni teater “.........................”
2.            Menjelaskan pesan-pesan moral melalui penayangan karya seni teater “....................”
3.            Menanggapi secara singkat kesan yang diperole dari penayangan seni teater  “..................”

B.           Materi Pokok
Seni Teater “.......................”

C.          Metode Pembelanjaan
Model Pendekatan CTL

D.          Langkah-langkah Pembelanjaan :
1.      Memotivasi dan Apersepsi
2.      Kegiatan Inti :
Pertemuan 1
ü  Menyaksikan Penayangan karya seni teater “Mamanda”
ü  Menjelaskan unsur-unsur yang unik tentang karya seni teater “mamanda”
ü  Menjelaskan pesan-pesan moral tentang penayangan karya seni teater “Mamanda”.
Pertemuan 2
ü  Memberikan tanggapan terhadap karya seni teater”mamanda” setelah menyaksikan tayangan audio visual, perindividu.
Pertemuan 3
ü  Lanjutan pertemuan 2
Pertemuan 4
ü  Memberikan tanggapan terhadap tanggapan temannya.

E.           Sumber Belajar
ü  Buku teks
ü  Naskah teater mamanda
ü  VCD
ü  Media Cetak

F.           Penilaian
Teknik                            : Tes Tertulis
Bentuk Instrumen          : Uraian
Contoh Instrumen          :
1.      Tuliskan 3 unsur yang unik tentang teater “mamanda”
2.      Tuliskan 3 pesan moral tentang teater “mamanda” melalui penayangan yang telah ditonton.
3.      Tuliskan secara singkat kesan yang diperoleh dari penayangan teater “mamanda”




Lembar Penilaian


Aspek –aspek yang di nilai
Kriteria Penilaian
1
2
3
4
5
Ketepatan Unsur yang unik





Ketepatan pesan moral






Ketepatan Kean yang diperoleh






Keterangan : 1 = (SK), 2 = (K), 3 = (C), 4=(B), 5=(SB)




Tompobalang, 16 Juli 2013
Mengetahui :                                                                                               
Kepala MTs. Darussalam Manuju                                                    Guru Mata Pelajaran



                        Kaparuddin, S.Pd.                                            Sitti Suryani, S.Pd





















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Madrasah                             : MTs. Darussalam Manuju
Mata Pelajaran                     : Seni Budaya / Seni Teater
Kelas / Semester                  : VII (tujuh) / I (satu)
Standar Kompetensi            : Mengekspresikan diri melalui karya seni teater
Kompetensi Dasar               : Merancang pertunjukan teater daerah setempat.
Indikator                                          : - Membuat rencana petunjukan teater daerah setempat
Alokasi Waktu                     : 4 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )

A.        Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
- Menyusun sebuah rencana pertunjukkan teater daerah setempat

B.        Materi Ajar
  Teater daerah setempat

C.        Metode Pembelajaran
Model pendekatan CTL

D.        Langkah-langkah kegiatan
Pertemuan 1
a.       Motivasi dan Apersepsi
b.      Kegiatan Inti
-        Menelaah buku teks tentang persiapan atau rencana pertunjukan teater daerah
setempat (teater Mamanda).
-        Menjelaskan hal-hal yang perlu diterangkan dalam buku teks.
-        Menjelaskan hal-hal yang diperlukan dalam menyusun rencana pertunjukkan teater
daerah setempat diluar buku teks.
c.       Kegiatan Penutup
-        Menanyakan kesulitan siswa selama proses belajar mengajar
-        Menyimpulkan materi pembelajaran
Pertemuan 2
-        Menjelaskan naskah yang akan dipentaskan

  1. Alat / Sumber belajar
ü  Buku teks
ü  Naskah daera setempat ( Teater Mamanda)
ü  Guru / Nara sumber

  1. Penilaian
ü  Teknik                                           : Tes tertulis
ü  Bentuk Instrumen             : Uraian
ü  Contoh Instrumen             :
Susunlah sebuah rencana pertunjukan teater setempat (teater mamanda)


Tompobalang, 16 Juli 2013
Mengetahui :                                                                                               
Kepala MTs. Darussalam Manuju                                                    Guru Mata Pelajaran



                        Kaparuddin, S.Pd.                                                    Sitti Suryani, S.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar