RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah : MTs. Darussalam Manuju
Mata Pelajaran : Seni Budaya /Seni Rupa
Kelas / Semester : VII /
1
Standar Kompetensi :
Mengapresiasi karya seni rupa
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi jenis karya seni rupa daerah
setempat
Indikator : *
Wawasan seni dan prinsip seni.
*
Ragam jenis karya seni rupa terapan
daerah setempat.
Alokasi Waktu : 4 X 40
menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu :
1.
Memiliki dan memahami wawasan seni dan prinsip seni daerah setempat
2.
Mengidentifikasi ragam jenis karya seni rupa terapan daerah setempat
B. Materi Pokok/ pembelajaran
·
Pengertian seni
·
Prinsip seni
·
Ragam karya seni terapan daerah setempat
·
C. Metode Pembelajaran
Diskusi dengan
pendekatan Contectual Teaching and Learning
D. Langkah-langkah kegiatan
Pertemuan 1
a. Pendahuluan
:
-
Penayangan VCD tentang ragam karya seni terapan daerah setempat
- Tanya
jawab tentang penayangan VCD pembelajaran mengenai keragaman karya seni
rupa daerah setempat
b. Kegiatan Inti
Mendeskripsilan
pengertian seni dan prinsip seni
Pertemuan 2 :
- Siswa mendeskripsikan keragaman karya aseni rupa
terapan daerah seytempat
secara tertulis
c.
Kegiatan Penutup
- Siswa
dengan bimbingan guru menyimpulkan keragaman seni rupa terapan
daerah setempat
- Siswa menyampaikan laporannya ( laporan tertulis
)
E . Sumber belajar
*
Media audio visual ( VCD
pembelajaran )
*
Sarana perpustakaan
*
Buku teks
F. Penilaian
Teknik : Penugasan
Bentuk Instrumen : Tugas Projek
Instrumen :
Buatlah laporan dalam bentuk kliping tentang keragaman karya seni
rupa terapan daerah setempat
Lembar penilaian :
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Nilai
|
Jml
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1
|
Kesesuaian tema
|
|||||||
2
|
Kemasan bahan laporan
|
|||||||
3
|
Penampilan contoh
karya
|
|||||||
4
|
Kreativitas penataan
|
|||||||
Score maksimal
|
20
|
|||||||
KETERANGAN :
1. = Sangat Kurang
2 =
Kurang
3 =
Cukup
4 =
Baik
5 =
Sangat baik
Tompobalang, 16 Juli 2013
Mengetahui :
Kepala MTs. Darussalam Manuju Guru
Mata Pelajaran
Kaparuddin,
S.Pd.
Sitti Suryani, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah : MTs. Darussalam Manuju
Sekolah : SMP
.........
Mata Pelajaran : Seni Budaya
/ Seni Rupa
Kelas / Semester : VII /
1
Standar Kompetensi :
Mengapresiasi karya seni rupa
Kompetensi Dasar : Menampilkan sikap apresiatif terhadap
keunikan gagasan
teknik
karya seni rupa terapan daerah setempat.
Indikator : Membuat tanggapan tertulis tentang keunikan
Karya seni
rupa terapan daerah setempat
Alokasi Waktu : 4 X 40
menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa
mampu :
1. Menyebutkan beragam jenis karya seni rupa
terapan yang ada di daerah setempat
2. Memberi tanggapan tentang ciri beragam jenis
karya seni rupa terapan daerah setempat
B. Materi
Pokok/ pembelajaran
Apresiasi seni rupa
terapan daerah setempat meliputi : pengertian, jenis, ciri, dan sebagainya.
C. Metode Pembelajaran
Diskusi dengan pendekatan
Contectual Teaching and Learning
D. Langkah-langkah kegiatan
Pertemuan
1
a. Pendahuluan
:
-
Presentasi kliping karya seni rupa terapan yang telah dibuat
b.
Kegiatan Inti
- Mengelompokkan karya seni yang telah dipresentasikan sesuai dengan
jenisnya.
-
Mendiskusikan dalam kelompok keunikan dari karya seni rupa ditinjau dari
bahan yang digunakan, fungsinya, cara pembuatannya, berasal dari daerah mana
dan sebagainya.
- Mencatat
hasil diskusi kelompok
Pertemuan 2 :
Siswa membuat resume berupa tanggapan
tertulis tentang keunikan beragaman karya seni rupa terapan daerah setempat.
c. Kegiatan Penutup
- Siswa
mengumpulkan hasil diskusi kelompok
E . Sumber belajar
*
Media audio visual ( VCD
pembelajaran )
* Sarana perpustakaan
*
Buku teks
F. Penilaian
Teknik : Penugasan
Bentuk Instrumen : Tugas Projek
Instrumen : Buatlah tanggapan tertulis kelompokmu
tentang keunikan karya
seni rupa terapan yang dipresentasikan dari
kliping
Lembar penilaian :
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Nilai
|
Jml
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1
|
Keaktifan dalam
diskusi
|
|||||||
2
|
Pengelompokan karya
|
|||||||
3
|
Kedalaman mutu
tanggapan
|
|||||||
4
|
Pengemasan
|
|||||||
Score maksimal
|
20
|
|||||||
KETERANGAN :
1. = Sangat Kurang
2 =
Kurang
3 =
Cukup
4 =
Baik
5 =
Sangat baik
Tompobalang, 16 Juli 2013
Mengetahui :
Kepala MTs. Darussalam Manuju Guru
Mata Pelajaran
Kaparuddin,
S.Pd.
Sitti Suryani, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah : MTs. Darussalam Manuju
Mata Pelajaran : Seni Budaya
/ Seni Rupa
Kelas /
Semester : VII /
1
Standar
Kompetensi : Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
Kompetensi
Dasar : Menggambar bentuk dengan obyek karya seni
rupa terapan dari
daerah
setempat
Indikator : *
Membuat rancangan gambar bentuk benda Kubistis dan
silindris dari karya seni rupa terapan daerah
setempat
*
Membuat gambar benda kubistis
dari karya seni rupa terapan
daerah
setempat
Alokasi Waktu : 2 X 40
menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa
mampu :
1. Membuat sketsa gambar kubus dan silinder dengan teknik yang bena
2. Menerapkan teknik perspektif
3. Membuat gambar bentuk kubistis dan silindris
benda terapan dari daerah setempat
B.
Materi Pokok/ pembelajaran
Pengertian, teknik menggambar bentuk (
perspektif,arsir, komposisi, gelap terang )
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan
Contectual Teaching and Learning dan life skill
D. Langkah-langkah kegiatan
Pertemuan I
a. Pendahuluan
:
- Motivasi
dengan menayangkan contoh dari VCD tentang gambar, gambar benda
kubistis
dan silindris dengan teknik perspektif, arsir gelam terang.
b.
Kegiatan Inti
- Berlatih menggambar sketsa kubus dengan
teknik perspektif 1 titik dan 2 titik hilang
dan teknik arsir gelap terang.
Pertemuan 2
- Membuat gambar model benda bentuk kubistis
dan silindris yang ditunjukkan kan oleh
Guru di luar kelas dari arah masing-masing siswa
Pertemuan 3
c. Kegiatan Penutup
- Mendiskusikan hasil karya
- Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi/
penilaian terhadap hasil karyanya
- Guru
memberi tugas untuk membuat gambar benda
hasil karya seni terapan daerahnya
E. Alat dan sumber belajar
*
Buku teks ( penerbit Erlangga )
*
Media cetak
F. Penilaian
Teknik : Tes unjuk kerja
Bentuk Instrumen : Uji kerja prosedur dan produk
Instrumen : *
Gambarlah beberapa bentukmodel terapan 3 dimensi yang ada
di halaman sekolah dengan teknik. Gelap terang
*
Buatlah gambar benda kubistis dan Silindris dari benda terapan
daerahmu.
Lembar penilaian gambar I
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Nilai
|
Jml
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1
|
Unsur karya seni
|
|||||||
2
|
Gagasan / tema
|
|||||||
3
|
Ketepatan bentuk
|
|||||||
4
|
Teknik
|
|||||||
5
|
Kreativitas
|
|||||||
Score maksimal
|
20
|
|||||||
Lembar penilaian gambar 2
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Nilai
|
Jml
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1
|
Unsur karya seni
|
|||||||
2
|
Gagasan / tema
|
|||||||
3
|
Ketepatan bentuk
|
|||||||
4
|
Teknik
|
|||||||
5
|
Kreativitas
|
|||||||
Score maksimal
|
20
|
|||||||
KETERANGAN :
1. = Sangat Kurang
2 =
Kurang
3 =
Cukup
4 =
Baik
5 = Sangat baik
Tompobalang, 16 Juli 2013
Mengetahui :
Kepala MTs. Darussalam Manuju Guru
Mata Pelajaran
Kaparuddin,
S.Pd. Sitti Suryani, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah : MTs. Darussalam Manuju
Mata Pelajaran : Seni Budaya
/ Seni Rupa
Kelas /
Semester : VII /
1
Standar
Kompetensi : Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
Kompetensi
Dasar : Merancang karya seni kriya dengan
memanfaatkan teknik dan
corak daerah setempat
Indikator : *
Mengidentifikasi ragam karya seni kriya menurut teknik dan
corak daerah setempat.
*
Mendiskripsikan ragam karya seni kriya menurut teknik
dan corak daerah setempat.
* Merancang ( men ) karya seni kriya dengan
memanfaatkan
teknik dan corak daerah setempat
Alokasi
Waktu : 2 X 40
menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu :
1.
Mengenal ragam karya seni kriya daerah setempat menurut treknik dan
coraknya
2.
Membuat gambar rancangan salahsatu karya kriya dengan memanfaatkan
teknik
dan coraknya
B. Materi Pokok/ pembelajaran
·
Ragam karya seni kriya daearh setempat
·
Merancang salah satu karya seni kriya daerah
setempat dengan memanfaatkan
Teknik dan coraknya
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan Contectual Teaching and
Learning dan life skill
D. Langkah-langkah kegiatan
a. Pendahuluan :
- Penayangan VCD tentang pembuatan seni kriya
daerah setempat
-
Siswa memberikan tanggapan tentang teknik dan coraknya
b. Kegiatan Inti
Merancang / membuat
gambar disain krya seni kriya berdasarkan pilihannya sendiri
c. Kegiatan
akhir
- Siswa menyerahkan gambar rancangan
- Guru melaksanakan kegiatan evaluasi tentang
proses membuat gambar rancangan
E. Alat dan sumber belajar
*
Media elektronik
*
VCD / program
*
Media cetak
*
Buku sumber
F. Penilaian
Teknik : Tes unjuk kerja
Bentuk Instrumen : Unjuk kerja
produk
Instrumen : Buatlah sebuah gambar rancangan karya seni kriya dua dimensi atau tiga dimensi
daerah setempat di atas kertas gambar A 4 dengan menggunakan media warna bebas.
Lembar penilaian
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Nilai
|
Jml
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1
|
Kesesuaian tema
|
|||||||
2
|
Unsur estetika
|
|||||||
3
|
Kreativitas dan
berkarya
|
|||||||
4
|
Originalitas
|
|||||||
Score maksimal
|
20
|
|||||||
KETERANGAN :
1. = Sangat Kurang
2 =
Kurang
3 =
Cukup
4 =
Baik
5 =
Sangat baik
Tompobalang, 16 Juli 2013
Mengetahui :
Kepala MTs. Darussalam Manuju Guru
Mata Pelajaran
Kaparuddin,
S.Pd.
Sitti Suryani, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah : MTs. Darussalam Manuju
Mata Pelajaran : Seni Budaya
/ Seni Rupa
Kelas / Semester : VII /
1
Standar
Kompetensi : Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa
Kompetensi Dasar : Membuat karya seni kriya dengan memanfaat kan teknik dan corak daerah
setempat
Indikator : *
Mendeskripsikan secara lisan tentang ragam seni kriya daerah
setempat.
*
Membuat karya seni kriya menurut teknik dan corak daerah
setempat.
Alokasi Waktu : 2 X 40
menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu :
Berkarya seni kriya dengan memanfaatkan
teknik dan corak daerah setempat.
B. Materi Pokok/ pembelajaran
·
Ragam karya seni kriya daearh setempat
·
Teknik dan corak seni kriya daerah setempat
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan Contectual Teaching and
Learning dan life skill
D. Langkah-langkah kegiatan
a. Pendahuluan :
- Penayangan VCD tentang pembuatan seni kriya
daerah setempat
- Memperlihatkan contoh karya seni kriya yang
sudah jadi dari daerah setempat
b.
Kegiatan Inti
Membuat karya seni kriya
2 dimensi atau 3 dimensi dengan memanfaatkan teknik dan
corak daerah setempat
c. Kegiatan
penutup.
- Setelah Siswa menyelesaikan tugasnya Guru
menyampaikan evaluasi / reward tentang
proses berkarya yang telah dilakukan oleh
peserta didik
E. Sumber belajar
*
Media elektronik
*
VCD / program
*
Media cetak
*
Perpustakaan
*
Contoh karya
F. Penilaian
Teknik : Tes unjuk kerja
Bentuk Instrumen : Unjuk kerja
produk
Instrumen : Buatlah sebuah kargya seni kriya 2 dimensi
atau 3 dimensi
berdasarkan tekniuk dan corak seni kriya
daerah setempat
Lembar penilaian
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Nilai
|
Jml
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1
|
Kesesuaian tema
|
|||||||
2
|
Unsur estetika
|
|||||||
3
|
Kreativitas dalam
berkarya
|
|||||||
4
|
Originalitas
|
|||||||
Score maksimal
|
20
|
|||||||
KETERANGAN :
1. = Sangat Kurang
2 =
Kurang
3 =
Cukup
4 =
Baik
5 =
Sangat baik
Tompobalang, 16 Juli 2013
Mengetahui :
Kepala MTs. Darussalam Manuju Guru
Mata Pelajaran
Kaparuddin,
S.Pd.
Sitti Suryani, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah : MTs. Darussalam Manuju
Mata Pelajaran : Seni Budaya (musik)
Kelas/Semester : VII / 1 (satu)
Standar Kompetensi : Mengapresiasi karya seni musik
Kompetensi Dasar : Menampilkan sikap apreasiatif
terhadap keunikan lagu daerah
setempat
Indikator : Mendeskripsikan
lagu yang ada di daerah setempat
Alokasi Waktu : 4 X 40 Menit ( 2
Pertemuan )
- TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu :
1. Mendiskusikan elemen musik : Irama,
Tempo, Nada dan Dinamik lagu daerah setempat.
2. Mempresentasikan
hasil diskusi tentang lagu suwe ora jamu.
- MATERI POKOK / PEMBELAJARAN
Pengenalan lagu daerah setempat
- METODE PEMBELAJARAN
Pendekatan contectual teaching and learning dan
diskusi
- LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
- Motivasi dan apersepsi
·
Mengingatkan kembali
pelajaran sebelumnya dan tanya jawab materi yang akan dipelajari.
·
Membagi siswa menjadi
beberapa kelompok.
- Kegiatan inti
·
Berdiskusi tentang
elemen-elemen lagu daerah setempat.
Pertemuan II ( Kegiatan Inti)
·
Mempresentasikan hasil
diskusi tentang lagu daerah setempat.
- Kegiatan Penutup
·
Menanyakan kesulitan
siswa selama PBM.
·
Menyimpulkan materi
pembelajaran.
- ALAT / SUMBER BELAJAR
·
Buku teks.
·
Lagu-lagu daerah.
·
VCD /CD
·
Kaset
·
Guru
- PENILAIAN
1. Teknik :
Tes tulis.
2. Bentuk instrumen : Tes Uraian.
3. Instrumen
a.
Presentasikan hasil diskusi tentang lagu daerah setempat.
Lembar Penilaian
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
SKOR
|
Jml
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
Keseriusan dlm Berdiskusi
|
||||||
2
|
Mengemukan Pendapat
|
||||||
3
|
Keberanian Mempresentasikan
|
||||||
4
|
Hasil Rangkuman
|
||||||
Skor Maksimal
|
20
|
Ket : 1. Sangat Kurang , 2. Kurang , 3.
Cukup, 4.
Baik 5. Sangat Baik
Tompobalang, 16 Juli 2013
Mengetahui :
Kepala MTs. Darussalam Manuju Guru
Mata Pelajaran
Kaparuddin,
S.Pd.
Sitti Suryani, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah : MTs. Darussalam Manuju
Mata Pelajaran : Seni Budaya (musik)
Kelas/Semester : VII / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 4 Mengekspesikan diri melalui
karya seni musik
Kompetensi Dasar : 4.2 Menampilkan hasil aransemen
karya lagu daerah setempat
Indikator : Menampilkan
aransemen lagu etnik setempat secara peorangan
atau kelompok
Alokasi Waktu : 12 X 40 Menit ( 6
Pertemuan )
- TUJUAN PEMBELAJARAN
Pada
akhir pelajaran siswa dapat :
1.
Membaca notasi lagu suwe
ora jamu.
2.
Memainkan variasi pola
ritme lagu suwe ora jamu.
3.
Memainkan variasi melodi
lagu Suwe Ora Jamu.
4.
Memaikan pengembangan
pola ritme dengan melodi lagu suwe ora jamu.
5.
Mengkreasikan lagu suwe
ora jamu dengan sumber suara.
6.
Menampilkan aransemen
suwe ora jamu secara kelompok.
H.
MATERI
PEMBELAJARAN
Mengaransir ragam lagu etnik daerah setempat.
- METODE PEMBELAJARAN
Model Pendekatan CTL
- LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan Pertama
- Kegiatan Pendahuluan
- Apersepsi : Memberikan pertanyaan kuis tentang
bentuk dan nilai nada
- Motivasi : Menyanyikan lagu suwe ora jamu diiringan
dengan tepuh ritmis.
Membagi
siswa menjadi beberapa kelompok.
- Kegiatan inti
·
Membaca notasi lagu suwe
ora jamu secara klasikal.
·
Membaca notasi lagu suwe
ora jamu secara kelompok.
Pertemuan Kedua
·
Berlatih memainkan pola
ritmi lagu suwe ora jamu dengan menggunakan sumber suara yang ada ( tepuk
tangan / tepuk paha )/ secara klasikal
·
Memainkan pola ritme
suwe ora jamu dengan menggunakan sumber suara yang ada secara kelompok.
Pertemuan Ketiga
·
Berlatih menyanyikan
variasi melodi lagu suwe ora jamu sesuai dengan partitur yang ada secara
klasikal.
·
Berlatih menyanyikan
variasi melodi lagu suwe ora jamu sesuai dengan partitur yang ada secara
kelompok.
Pertemuan Keempat
·
Berlatih memadukan
variasi pola ritme dan variasi melodi lagu suwe ora jamu sesuai dengan partitur
yang ada secara klasikal.
·
Berlatih memadukan
variasi pola ritme dan variasi melodi lagu suwe ora jamu sesuai dengan partitur
yang ada secara kelompok.
Pertemuan Kelima
·
Berlatih mengkreasikan
lagu suwe ora jamu dengan menggunakan sumber suara / alat musik.
Pertemuan Keenam
·
Menampilkan secara
keseluruhan aransemen lagu suwe ora jamu.
- Kegiatan penutup
·
Menanyakan kesulitan
siswa selama PBM.
·
Menyimpulkan materi
pembelajaran.
K.
ALAT / SUMBER
BELAJAR
Buku kumpulkan lagu-lagu daerah .
Partitur aransemen lagu suwe ora jamu.
Alat-alat musik ritmis.
- PENILAIAN
Teknik :
Tes unjuk kerja.
Bentuk Instrumen :
Tes uju kerja dan produk.
Instrumen : Tampilkan hasil aransemen
lagu suwe ora jamu dengan alat musik (
sumber suara ) yang ada
Instrumen Penilaian
NO
|
ASPEK YANG DINILAI
|
Skor
|
Jumlah
|
Skor Maksimum
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1
|
Attac
|
|||||||
2
|
Harmonisasi
|
|||||||
3
|
Kekompakan
|
|||||||
4
|
Komposisi
|
|||||||
5
|
Release
|
|||||||
6
|
IDE Kreatif
|
Ket : N =
Jumlah x 10
Skor max
1.
Sangat Kurang, 2.
Kurang 3.
Cukup 4. Baik 5.
Sangat Baik
Tompobalang, 16 Juli 2013
Mengetahui :
Kepala MTs. Darussalam Manuju Guru
Mata Pelajaran
Kaparuddin,
S.Pd.
Sitti Suryani, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah : MTs. Darussalam Manuju
Mata Pelajaran : Seni Budaya (musik)
Kelas/Semester : VII / 1 (satu)
Standar Kompetensi : Mengapresiasi karya seni musik
Indikator : -
Mengidentifikasi jenis-jenis lagu suwe ora jamu
- Mengidentifikasi elemen-elemen musik,
irama, tempo, nada,
dinamika lagu suwe ora jamu
Alokasi Waktu : 12 X 40 Menit ( 6
Pertemuan )
- TUJUAN PEMBELAJARAN
Pada
akhir pelajaran siswa dapat :
a. Menyebutkan judul lagu yang diperdengarkan.
b. Menyebutkan jenis alat musik yang diperdengarkan.
c. Mengidentifikasi elemen-elemen, pola irama, nada lagu suwe ora jamu.
d. Mengidentifikasi elemen musik tempo dan dinamika lagu suwe ora jamu.
- MATERI PEMBELAJARAN
- Lagu etnik daerah setempat suwe ora jamu.
- METODE PEMBELAJARAN
Model pendekatan CTL dan hifeskill
- LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
a. Kegiatan Pendahuluan
– Apersepsi
– Persepsi
– motivasi
b. Kegiatan Inti.
Pertemuan 1.
Mendengarkan lagu-lagu daerah setempat.
Pertemuan 2. Melakukan
tanya jawab tentang jenis musik yang diperdengarkan.
Pertemuan 3.
Mendiskusikan elemen- elemen pola irama, nada lagu- lagu daerah setempat.
Pertemuan 4.
Mendiskusikan tentang arti dari syair lagu daerah setempat.
c. Kegiatan penutup
·
Menanyakan kesulitan siswa
selama PBM.
·
Menyimpulkan materi
pembelajaran.
- ALAT / SUMBER BELAJAR
Buku kumpulkan lagu-lagu
daerah
- PENILAIAN
Teknik :
Tes tertulis
Instrumen :
1.
Apa Judul lagu yang
telah diperdengarkan tadi ?
2.
Sebutkan 3 jenis alat
musik yang diperdengarkan ?
3.
Tuliskan salah satu poa
irama lagu daerah setempat ?
4.
Tuliskan nada-nada yang
digunakan pada lagu daerah setempat yang telah diperdengarkan.
5.
Terjemahkan syair lagu
daerah setempat yang baru diperdengarkan kedalam Bahasa Indonesia
Tompobalang, 16 Juli 2013
Mengetahui :
Kepala MTs. Darussalam Manuju Guru
Mata Pelajaran
Kaparuddin,
S.Pd.
Sitti Suryani, S.Pd
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah : MTs. Darussalam Manuju
Mata Pelajaran : Seni Budaya (musik)
Kelas/Semester : VII / 1 (satu)
Standar Kompetensi : 4 Mengekspesikan diri melalui
karya seni musik
Kompetensi Dasar : 4.1 Mengaransir secara
sederhana karya lagu daerah setempat
Indikator :
Menuliskan pola irama lagu etnik setempat
Mengaransir secara sederhana elemen-elemen
musik lagu etnik daerah setempat
Alokasi Waktu : 12 X 40 Menit ( 6
Pertemuan )
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Pada akhir
pelajaran siswa dapat :
1. Menyusun pola irama lagu “ suwe ora jamu”.
2. Menentukan jenis alat musik yang akan
digunakan dalam mengaransemen lagu “suwe
ora jamu”
3. Mengembangkan melodi lagu “ suwe ora jamu”
4. Mengembangkan pola ritmis lagu “ suwe ora
jamu”
5. Mengkreasi anatara melodi lagu dan ritmis
lagu “suwe ora jamu”
6. Mengaransemen secara sederhana lagu “ suwe
ora jamu”
B. MATERI
POKOK / PEMBELAJARAN
Mengaransir lagu daerah setempat “ (suwe ora jamu)
“ partitur lagu di ..........
C. METODE
Model Pendekatan CTL dan hifeskill
D. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
a. Kegiatan
Pendahuluan :
1. Motivasi dan Apersepsi
2. Apersepsi : kuis pengertian langkah-langkah aransemen
sederhana.
b. Kegiatan inti
·
Mendengarkan lagu “ suwe
ora jamu “
·
Menyanyikan sesuai
partitur lagu “ suwe ora jamu”
Pertemuan 2
1. Mengidentifikasi elemen-elemen musik yang
ada pada lagu “ suwe ora jamu”
2. Membaca notasi melodi pokok lagu “suwe ora
jamu”
Pertemuan 3
1. Mengidentifikasi elemen-elemen musik lagu
“suwe ora jamu”
2. Menuliskan pola irama tempo, nada dan
dinamika lagu “ suwe ora jamu”
Pertemuan 4
1. Mengeksplorasi jenis alat yang digunakan
dalam lagu “suwe ora jamu”
2. Memilih alat musik /instrumen (sumber
suara) yang cocok dalam lagu “suwe ora jamu”
Pertemuan 5
- Mengaransir lagu suwe ora jamu “ sesuai
dengan alat musik ( sumber suara) yang di pilih / ditentukan.
Pertemuan 6
1. Mendiskusikan hasil aransemen dari lagu
“suwe ora jamu”
2. Menyimpulkan dari hasil diskusi
c. Kegiatan
penutup
1. Menanyakan kesulitan siswa selama PBM dan
memberikan solusinya.
2. Menugaskan pada siswa agar menyelesaikan
tugasnya di rumah.
- ALAT / SUMBER BELAJAR
1.
Buku teks
2.
Lagu-lagu daerah
3.
Vcd / CD
4.
Kaset
5.
Guru
- PENILAIAN
Teknik : Unjuk kerja.
Bentuk Instrumen :
Tes uji kerja dan produk.
Instrumen : Aransemen lagu “ suwe ora
jamu “ secara sederhana dengan menggunakan ( sumber suara) alat musik yang ada
di lingkungan setempat.
Lembar Penilaian
NO
|
ASPEK YANG DINILAI
|
Skor
|
Jumlah
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1
|
Ide Kreatif
|
||||||
2
|
Pola irama
|
||||||
3
|
Variasi alat
|
||||||
4
|
Variasi ornamen melodi
|
||||||
5
|
Bentuk aransemen
|
Ket : 1.
Sangat Kurang 2. Kurang 3. Cukup 4.
Baik 5. Sangat Baik
Tompobalang, 16 Juli 2013
Mengetahui :
Kepala MTs. Darussalam Manuju Guru
Mata Pelajaran
Kaparuddin,
S.Pd. Sitti Suryani, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Madrasah :
MTs. Darussalam Manuju
Mata Pelajaran :
Seni Budaya / Seni Tari
Kelas/Semester :
VII ( tujuh ) / 1
Standar Kompetensi :
Mengapresiasikan karya seni tari.
Kompetensi Dasar :
Mengidentifikas jenis karya seni tari tunggal setempat.
Indikator :
Menyebutkan jenis-jenis tari tunggal daerah setempat.
Alokasi Waktu : 4 x 40
menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu :
1. Menyebutkan
pengertian tari tunggal
2. Menyebutkan
3 jenis tari dari Kalimantan Tengah
3. Menyebutkan
2 jenis taritunggal yang ada di Kalimantan Tengah
4. Menyebutkan
jenis tari yang ada di dalam tari Mandau.
B. Materi Pembelajaran
Beragam tari tunggal dari daerah Kalimantan Tengah
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, Pemberian Tugas.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran.
Pertemuan
I.
Kegiatan Pendahuluan :
- Tanya
jawab berbagaihal terkait dengan wawasaan siswa mengenai materi yang akan di
ajarkan.
Kegiatan Inti :
- Mendengarkan
materi tentang pengertian tari tunggal.
- Menyaksikan
VCD tari tunggal, tari mandau Kalimantan Tengah.
Kegiatan Akhir :
- Menanyakan
kesulitan siswaselama proses belajar mengajar,
- Menyimpulkan
materi pembelajaran.
Pertemuan II.
Kegiaatan Inti :
- Mendengarkan
materi tentang jenis-jenis tari.
- Menyaksikan
VCD jenis-jenis tari dari Kalimantan Tengah
- Melakukan
tanya jawab dengan tarian yang telah disaksikan dihubungkan dengan materi yang
diberikan.
- Memberikan
tanggapan pribadi / kelompok secara lisan atau tertulis.
Kegiatan Akhir :
- Menanyakan
kesulitan siswa selama proses belajar mengajar
- Membuat
kesimpulan materi pembelajaran
E. Alat / Sumber Belajar
Rekapan Audio Visual, Guru Tari, Penari Etnik.
F. Penilaian
Tehnik :
Tes Lisan dan Tulis.
Bentuk Instrumen : Uraian
Contoh : a. Sebutkan pengertian tari tunggal
b.
Sebutkan 2 jenis tari yang kau ketahui
c.
Sebutkan 2 tari tunggal di Kalimantan Tengah
d.
Sebutkan jenis tari yang terdapat dalam tari Mandau
Tompobalang, 16 Juli 2013
Mengetahui :
Kepala MTs. Darussalam Manuju Guru
Mata Pelajaran
Kaparuddin,
S.Pd.
Sitti Suryani, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Madrasah :
MTs. Darussalam Manuju
Mata Pelajaran :
Seni Budaya / Seni Tari
Kelas / Semester :
VII ( tujuh ) / 1
Standar Kompetensi :
Mengekspresikan ddiri melalui karya seni tari.
Kompetensi Dasar :
Memeragakan tari tunggal daerah setempat.
Indikator : Memeragakan tari
etnik ( tunggal ) daerah setempat sesuai
dengan iringan.
Alokasi Waktu : 2 x 40
menit
A. Tujuan
Pembelajaran
Siswa mampu :
1. Menyebutkan
1 (satu) bentuk tari tunggal Mandau.
2. Memeragakan
2 (dua) gerak kepala dalam tari tunggal mandau dari Kalimantan Tengah
3. Memeragakan
2 (dua) gerak tangan dalam tari tunggal mandau dari dari Kalimantan Tengah
4. Memeragakan
2 (dua) gerak kaki tari tunggak mandau dari Kalimantan Tengah.
B. Materi
Ajara
Tari
Tunggal Mandau Kalimantan Tengah.
C. Metode
Pembelajaran
Ceramah dan Pendekataan CTL.
D. Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan I
1. Kegiatan
Pendahuluan.
Tanyajawab berbagai hal terkait dengan wawasan
siswa mengenai materi yaang akan
diajarkan .
2. Kegiatan
Inti :
- Menyaksikan
audio visual atau guru memberi contoh tarimandau.
- Menyaksikan audio visual tari tunggal
mandau
-
Memeragakan gerak-gerak tari
mandau yang telah diberikan contoh oleh
guru tau
menonton
VCD.
Pertemuan II.
- Memeragakan gerak tangan tari tunggal mandau
- Memeragakan
gerak kaki tari mandau
- Memeragakan
gerak badan taari mandau
3. Kegiatan
Akhir / Penutup :
- Menanyakan kesulitan siswa selama proses belajar
mengajar
- Menyimpulkan materi pembelajaran.
E. Sumber
Belajar : VCD, Guru Tari, Penari etnik.
F. Penilaian
Tehnik : Tes Unjuk Kerja
Bentuk Instrumen : Uji Prosedur dan Produk.
Contoh Instrumen : a. Sebutkan 1 bentuk tari mandau.
b.
Peragakan 1 gerak kepala tari mandau.
Lembar Penilaian
:
Apek-Aspek yang dinilai
|
Kriteria Penilaaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
Tehnik gerak kepala
|
|||||
Tehnik gerak Tangan
|
|||||
Tehnik gerak Kaki
|
|||||
Tehnik gerak Badan
|
Keterangan :
1. Sangat kurang 2. Kurang 3. Cukup 4.
Baik 5. Sangat Baik
.
Tompobalang, 16 Juli 2013
Mengetahui :
Kepala MTs. Darussalam Manuju Guru
Mata Pelajaran
Kaparuddin,
S.Pd.
Sitti Suryani, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Madrasah :
MTs. Darussalam Manuju
Mata Pelajaran :
Seni Budaya / Seni Tari
Kelas / Semester :
VII ( tujuh ) / 1
Standar Kompetensi :
Mengekspresikan diri melalui karya seni tari.
Kompetensi Dasar : Mengeksplorasi pola lantai gerak dari tari tunggal
daerah
setempat.
Indikator :
Menemukan pola lantai gerak berdasarkan ragam gerak tari
tunggal daerah setempat.
Alokasi Waktu : 2 x 40
menit
A. Tujuan
Pembelajaran
Siswa mampu :
- Membuat pola lantai sederhana tari
tunggal
- Menyebutkan pengertian pola lantai
- Membuat dua pola lantai sederhana
tari tunggal
- Membuat pola lantai sederhana dari
tari madau Kalimantan Tengah.
B. Materi Pembelajaran
Pola Lantai Gerak Tari Daerah Setempat.
C. Metode
Pembelajaran
Ceramah dan Pendekataan CTL.
D. Langkah-langkah
kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan I
1. Kegiatan Pendahuluan.
Tanyajawab berbagai hal terkait dengan wawasan
siswa mengenai materi yaang akan
diajarkan .
2. Kegiatan
Inti :
- Mendengarkan
materi tentang pengertian pola lantai
- Membuat
pola lantai sederhana tari tunggal
Pertemuan II.
- Memilih
pola lantai yang disesuikan dengan ragam
gerak tarimandau
- Memeragakan gerak kaki tari
mandau secara utuh.
Pertemuan
III.
Memeragakan gerak tari
mandau dengan iringan musi.
Kegiatan
Akhir / Penutup :
- Menanyakan
kesulitan siswa selama proses belajar mengajar
- Menyimpulkan
materi pembelajaran.
E. Sumber Belajar
VCD, Guru Tari, Penari etnik.
F. Penilaian
Tehnik : Tes Unjuk Kerja
Bentuk Instrumen : Uji Prosedur dan Produk.
Contoh Instrumen : a. Sebutkan 1 bentuk tari mandau.
b.
Peragakan 1 gerak kepala tari mandau.
Lembar Penilaian
:
Apek-Aspek yang dinilai
|
Kriteria
Penilaaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
Tehnik gerak kepala
|
|||||
Tehnik gerak Tangan
|
|||||
Tehnik gerak Kaki
|
|||||
Tehnik gerak Badan
|
Keterangan :
1. Sangat kurang 2. Kurang 3. Cukup 4.
Baik 5. Sangat Baik
.
Tompobalang, 16 Juli 2013
Mengetahui :
Kepala MTs. Darussalam Manuju Guru
Mata Pelajaran
Kaparuddin,
S.Pd.
Sitti Suryani, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Madrasah :
MTs. Darussalam Manuju
Mata Pelajaran :
Seni Budaya / Seni Tari
Kelas / Semester :
VII ( tujuh ) / 1
Standar Kompetensi :
Mengapresiasikan karya seni tari.
Kompetensi Dasar :
5.1 Mengidentifikasikan jenis karya seni
tari tunggal daerah
setempat.
5.2
Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan seni tari
tunggal daerah setempat.
Indikator :
1. Menyebutkan jenis-jenis
tari tunggal daerah setempat
2. Menyebutkan ragam gerak
tari tunggal daerah setempat
3. Menyebutkan keunikan tari
tunggal daerah setempat.
4. Mejelaskan makna / arti
ragam tari tunggal daerah setempat.
Alokasi Waktu :
8 x
40 menit
A. Tujuan
Pembelajaran
Siswa mampu :
1. Menyebutkan pengertian tari tunggal.
2. Menyebutkan jenis tari sebanyak 3
macam,
3. Menyebutkan 2 jenis tari tunggal mandau Kalimantan Tengah,
4. Menyebutkan 2 ragam gerak tari mandau
5. Menjelaskan 3 keunikan tari mandau,
6. Menjelaskan fungsi tari mandau dalam tradisi masyarakat Kal-Teng.
7. Mejelaskan arti gerak tari mandau sebanyak 3 jenis.
8. Menjelaskan tema yang tersirat dalam tari mandau.
B. Materi
Pembelajaran
Tari Tunggal Mandau Kalimantan Tengah.
C. Metode
Pembelajaran
Ceramah , Pemberian Tugas, dan Diskusi.
D. Langkah-langkah
kegiatan Pembelajaran :
Pertemuan I
1. Kegiatan
Pendahuluan.
- Tanyajawab
berbagai hal terkait dengan wawasan siswa mengenai materi yaang akan
diajarkan .
2. Kegiatan
Inti :
- Mendengarkan materi tentang
pengertian tari tunggal.
- Menyaksikan
penanyangan dari audio visual tari tunggal mandau
- Menyebutkan
3 jenis ragan gerak tari mandau.
Pertemuan
II.
- Menyaksikan penanyangan tari mandau
dari audio visual
- Menyebutkan keunikan tari mandau
sebanyak 3 jenis.
- Mejelaskan fungsi tari mandau daalam
tradisi masyarakat setempat.
Pertemuan III
- Menyaksekan penanyangan tari mandau
dari audio visual
- Diskusi kelompok tentang penanyangan
tari mandau.
Pertemuan IV.
- Mempresentasikan
hasil diskusi perkelompok.
Kegiatan Akhir / Penutup :
- Menanyakan
kesulitan siswa selama proses belajar mengajar
- Menyimpulkan
materi pembelajaran.
E. Sumber Belajar :
Buku Teks, VCD, Guru Tari.
F. Penilaian
Tehnik : Tes Tertulis dan
Unjuk kerja. Dan lisan.
Bentuk Instrumen : Uraian. Pertanyaan
tersusun, presentasi.
Contoh Instrumen : a. Sebutkan Pengertian tari tunggal.
b.
Sebutkan tiga keunikan tari mandau.
c.
Presentasikan tari mandau yang kalian pelajari.
Lembar Penilain :
Apek-Aspek yang dinilai
|
Kriteria
Penilaaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
Keaktifan mengikuti materi
|
|||||
Kemampuan memberi tanggapan
|
|||||
Kemampuan menjawa uraian
|
|||||
Kemampuan presentasi
|
Keterangan :
1. Sangat kurang 2. Kurang 3. Cukup 4.
Baik 5. Sangat Baik
.
Tompobalang, 16 Juli 2013
Mengetahui :
Kepala MTs. Darussalam Manuju Guru
Mata Pelajaran
Kaparuddin,
S.Pd.
Sitti Suryani, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah :
MTs. Darussalam Manuju
Mata Pelajaran :
Seni Budaya / Seni Teater
Kelas / Semester :
VII (tujuh) / I (satu)
Standar Kompetensi :
Mengekspresikan diri melalui karya seni teater
Kompetensi Dasar :
- Menerapkan prinsip kerja sama
dalam berteater
- Menampilkan karya teater dari daerah
setempat di kelas
Alokasi Waktu :
14 x 40 menit ( 7 x pertemuan )
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu :
1. Menentukan naskah teater yang
akan dipentaskan.
2. Menentukan
jalan alur cerita (pesan yang disampaikan oleh pengarang, Persoalan pokok
yang
diinginkan pengarang)
3. Melisankan naskah teater dan
pemesanannya.
4. Mempelajari watak tokoh yang ada
dalam naskah teater.
5. Melakukan pembagian peran sesuai
dengan penampilan ciri fisik gambaran watak pemain
cerita.
6. Melakukan latihan membaca naskah
secara lisan dan latihan pemesanan.
7. Mengadaptasikan peran berdasarkan
kesesuaian peran.
8. Menentukan jadwal latihan.
9. Melakukan latihan bloking.
10. Melakukan latihan ulangan dan
tinjauna keseluruhan.
11. Mempersiapkan saran dalam
permentasan.
12. Berkonsentrasi pada pementasan.
13. Menguasai akting / menguasai
penghayatan.
14. Melaksanakan kerjasama dengan
pemain lain.
B. MATERI PEMBELAJARAN
Teater Nusantara daerah setempat
C. METODE PEMBELAJARAN
Demontrasi (resiprokal
saling menilai)
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan
Pertemuan
Pertama
- Tanya jawab berbagai hal terkait dengan siswa motivasi
persepsi dan apresiasi.
2. Kegiatan Inti
Pertemuan pertama (1 )
-
Mendiskusikan : a. Naskah teater yang akan dipentaskan
b. plot /alur cerita atau teater
- Melisankan naskah teater dan pemeranannya.
Pertemuan kedua (2)
-
Mempelajari watak tokoh
dalam naskah teater
- Melakukan pembagian peran sesuai dengan penampilan ciri fisik, gambaran
watak pemain cerita.
Pertemuan ketiga (3)
- Melakukan pembagian peran sesuai dengan penampilan ciri fisik, gambaran
watak pemain cerita.
-
Melakukan latihan
membaca naskah secara lisan dan latihan pemeranan.
-
Mengadaptasikan peran
berdasarkan kesesuaian peran
-
Menentukan jadwal
latihan
Pertemuan keempat (4)
-
Melakukan latihan
bloking
-
Melakukan latihan
ulangan dan tinjauan keseluruhan.
-
Mempersiapkan sarang
dalam pementasan.
Pertemuan kelima (5)
-
Berkonsentrasi pada
pementasan.
-
Menguasai akting dan
penghayatan.
-
Melaksanakan kerja sama
dengan pemain lain.
Pertemuan keenam (6)
-
Menampilkan karya teater
yang telah dilatihkan disentai dengan penilaian oleh kelompok lain.
Pertemuan ketujuh (7)
-
Menampilkan karya teater
yang telah dilatihkan dan kelompok yang memberi penilaian.
3. Kegiatan Akhir / Penutup
-
Menanyakan kesulitan
siswa selama PBM.
-
Menyimpulkan materi
pembelajaran.
E. SUMBER BELAJAR :
- Buku
Pedoman latihan teknik dasar teater.
-
Menayangkan teater daerah se nusantara .
F. PENILAIAN
Teknik :
Tes unjuk kerja
Bentuk Instrumen : Tes Uji kerja Produk
Contoh Instrumen.
1. Lakukanlah kegiatan berikut dengan
memperhatikan teknik yang benar.
- Aktualisasi cerita.
- Dialog
- Penampilan pemain
- Harmoni antar pemain.
2. Pentaskan sebuah naskah drama ( teater ) di pagelaran
sekolah !
3. Buatlah rencana pementasan teater melalui
tiga tahap persiapan pementasan dan penilaian
FORMAT PENILAIAN PEMENTASAN TEATER
NO
|
Aspek –aspek yang di nilai
|
Kriteria Penilaian
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Aktualisasi
Cerita
|
||||
2
|
Dialog
|
||||
3
|
Penampilan
Pemain
|
||||
4
|
Kesesuaian
dengan pemeranan
|
||||
5
|
Harmoni antar
pementasan teater
|
||||
Saran – saran
dalam pementasan teater
1.......................................................................
2........................................................................
3........................................................................
|
Tompobalang, 16 Juli 2013
Mengetahui :
Kepala MTs. Darussalam Manuju Guru
Mata Pelajaran
Kaparuddin,
S.Pd. Sitti Suryani, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah :
MTs. Darussalam Manuju
Mata Pelajaran :
Seni Budaya / Seni Teater
Kelas / Semester :
VII (tujuh) / I (satu)
Standar Kompetensi :
Mengapresiasi karya Seni Teater
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi jenis karya seni teater daerah
setempat.
Indikator :
Menunjukan unsur-unsur seni pertunjukan teater “...................”
Menyebutkan karya seni teater daerah yang ada di Jawa Timur
dan fungsinya.
Membuat
Sinopsis dari seni teater “........................”
Alokasi Waktu :
2x 40 menit ( 2x pertemuan )
F. TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
1. Menyebutkan
unsur-unsur seni pertunjukan teater “...................”
2. Menyebutkan
fungsi seni teater “.....................”
3. Menulis
sinopsis seni teater “.....................”
G. MATERI POKOK
Teater daerah setempat
“...................”
H. METODE PEMBELAJARAN
Model pendekatan CTL
I. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
Pertemuan 1.
1. Memotivasi
dan apersepsi ( Pendahuluan )
2. Kegiatan
Inti :
- Menelaah
Buku teks dan media cetak tentang teater “..................”.
- Menelaah
naskah teater “ .................. “.
- Menjelaskan
hal-hal yag perlu diterangkan buku teks dan naskah teater
“......................”.
Pertemuan 2
1. Memotivasi
dan Apersepsi ( Pendahuluan )
2. Kegiatan
Inti :
- Melihat pertunjukan teater
“..............“ secara langsung melalui media visual.
- Mengamati
dialog, kostum, setting panggung pada teater “ ..................”
- Membuat
sinopsis teater “ ...................”
3. Kegiatan
penutup.
- Menanyakan kepada siswa kesulitan dalam PBM.
- Menyimpulkan materi pembelajaran.
J. SUMBER BELAJAR :
a.
Buku teks.
b.
Media Cetak, audio
visual.
c.
Naskah teater “
....................”.
F. PENILAIAN
Teknik :
Tes Tertulis
Bentuk Instrumen : Uraian
Soal Instrumen :
1. Sebutkan 3 unsur seni
teater “ ...................”
2. Sebutkan fungsi karya
Seni Teater ......................”
3. Buatlah Sinopsis dari
pertunjukan Seni teater “...................” yang kamu lihat.
Lembar Penilaian Seni Teater “............................”
Aspek –aspek yang di nilai
|
Kriteria Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
Ketepatan Unsur
|
|||||
Ketepatan
fungsi
|
|||||
Ketepatan
Sinopsis dengan alur cerita
|
|||||
Teknik
Penyampaian dalam bentuk lisan
|
Keterangan : 1 =
(SK), 2 = (K), 3 = (C), 4=(B), 5=(SB)
Tompobalang, 16 Juli 2013
Mengetahui :
Kepala MTs. Darussalam Manuju Guru
Mata Pelajaran
Kaparuddin,
S.Pd.
Sitti Suryani, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMP Negeri 2 BanjarBaru
Mata Pelajaran :
Seni Budaya / Seni Teater
Kelas / Semester :
VII (tujuh) / I (satu)
Standar Kompetensi :
Mengapresiasi karya Seni Teater
Kompetensi Dasar : Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan dan
pesan moral
seni teater daerah setempat
Indikator :
Menuliskan keunikan teater “.................”
Menuliskan pesan moral seni teater
“...................”
Alokasi Waktu :
4x 40 menit ( 4x pertemuan )
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu :
1. Menulis
unsur-unsur yang unik melalui penayangan / media audio visual tentang karya
seni teater “..................”.
2. Menjelaskan
pesan-pesan moral melalui penayangan karya seni teater “...................”.
3. Menanggapi
secara singkat kesan yang diperoleh dari penayangan seni teater
“.................”
B. MATERI POKOK
Seni teater “
.......................”
C. METODE PEMBELAJARAN
Model pendekatan CTL
D. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Memotivasi dan apersepsi
2. Kegiatan Inti :
Pertemuan 1.
Ø Menyaksikan penayangan karya seni teater “........................”
Ø Menjelaskan unsur-unsur yang unik tentang karya seni teater
“...................”
Pertemuan
2
Ø Memberikan tanggapan terhadap karya seni teater “......................”
setelah menyaksikan tayangan audio visual, perindividu.
Pertemuan 3
Ø Lanjutan pertemuan 2.
Pertemuan 4
Ø Memberikan tanggapan terhadap tanggapan teman saya.
K. SUMBER BELAJAR :
a.
Buku teks.
b.
Naskah teater Mamanda
c.
VCD.
d.
Media Cetak.
F. PENILAIAN
Teknik :
Tes Tertulis
Bentuk Instrumen : Uraian
Contoh Instrumen :
1. Tuliskan
3 unsur yang unik tentang “ ....................”.
2. Tuliskan
3 pesan moral tentang teater “ ...................” melalui penayngann yang telah
ditonton.
3. Tuliskan
secara singkat pesn yang diperoleh dari penayangan teater “.................”.
Lembar Penilaian Seni Teater “.......................”
Aspek –aspek yang di nilai
|
Kriteria Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
Ketepatan Unsur yang unik
|
|||||
Ketepatan pesan moral
|
|||||
Ketepatan kesan yang diperoleh
|
Keterangan : 1 = (SK), 2 = (K), 3 = (C), 4=(B), 5=(SB)
Tompobalang, 16 Juli 2013
Mengetahui :
Kepala MTs. Darussalam Manuju Guru
Mata Pelajaran
Kaparuddin,
S.Pd. Sitti
Suryani, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah :
MTs. Darussalam Manuju
Mata Pelajaran :
Seni Budaya / Seni Teater
Kelas / Semester :
VII (tujuh) / I (satu)
Standar Kompetensi : 8.Mengapresiasi diri melalui karya Seni
Teater
Kompetensi Dasar : 8.1 Mengeksplorasi teknik
olah tubuh, olah pikir
dan olah suara.
Indikator :
Melakukan teknik olah tubuh, olah pikir dan olah
suara.
Alokasi Waktu :
6x 40 menit ( 3x pertemuan )
L. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pada akhir pelajaran siswa dapat :
1. Melakukan
teknik olah tubuh.
2. Melakukan
teknik olah fikir.
3. Melakukan
teknik olah suara / pernapasan.
M. MATERI PEMBELAJARAN
Teater Nusantara setempat “ ..................“
Kalimantan Selatan.
N. METODE PEMBELAJARAN
Model pendekatan CTL
O. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Pendahuluan
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan wawasan
siswa mengenai materi yang akan disajikan, motivasi , apersepsi
2. Kegiatan Inti :
Ø Pertemuan 1
a. Memeragakan tehnik olah tubuh, olah
pikir, dan olah suara.
b. Latihan gerakan olah tubuh sesuai
dengan tehnik.
b. Latihan gerakan kegiatan olah fikir
sesuai dengan tehnik.
d. Latihan gerakan kegiatan olah suara
sesuai dengan tehnik.
e. Latihan berkesinambungan antara
gerakan olah tubuh, olah pikir, dan olah suara
/pernapasan.
Ø Pertemuan 2 (lanjutan pertemuan 1 )
a. Memeragakan tehnik olah tubuh, olah
pikir dan olah suara
b. Latihan gerakan kegiatan olah fikir
sesuai dengan tehnik.
c. Latihan gerakan kegiatan olah
suara/pernafasan sesuai dengan tehnik.
d. Latihan
berkesinambungan antara gerakan olah tubuh,olah pikir dan olah suara/
pernafasan.
Ø Pertemuan 3 ( lanjutan pertemuan 2 )
a. Memeragakan
tehnik olah tubuh, olah pikir dan olah suara/ pernafasan.
b. Latihan gerakan olah tubuh sesuai
dengan tehnik
c. Latihan kegiatan olah pikir sesuai
dengan tehnik
d. Latihan kegiatan olah suara/
pernafasan sesuai dengan tehnik.
e. Latihan berkesinambungan antara
gerakan olah tubuh,olah pikir dan olah suara/
pernafasan.
3. Kegiatan Akhir.
- Menanyakan kesulitan siswa dalam PBM.
- Menyimpulkan materi pembelajaran.
P. SUMBER BELAJAR :
- Buku Pedoman Latihan tehnik dasar teater
Karya:....................................
Penerbit : .........................
F. PENILAIAN
Teknik :
Tes Unjuk Kerja
Bentuk Instrumen : Tes Uji Kerja
Produk
Contoh Instrumen :
Lakukan
kegiatan berikut dengan menggunakan tehnik yang benar !
a. olah tubuh
b. olah pikir
c. olah suara
/pernafasan.
Lembar Penilaian
Aspek –aspek yang di nilai
|
Kriteria Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
Teknik Olah
tubuh
|
|||||
Teknik Olah
fikir
|
|||||
Teknik Olah
Suara / Pernapasan
|
Keterangan : 1 =
(Sangat Kurang), 2 = (Kurang), 3 = (Cukup), 4 =(Baik), 5=(Sangat Baik)
Tompobalang, 16 Juli 2013
Mengetahui :
Kepala MTs. Darussalam Manuju Guru
Mata Pelajaran
Kaparuddin,
S.Pd.
Sitti Suryani, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMP Negeri 2 Banjarbaru Kalsel
Mata Pelajaran :
Seni Budaya / Seni Teater
Kelas / Semester :
VII (Tujuh), I (Satu)
Standar Kompetensi : Mengapresiasi karya Seni Teater
Kompetensi Dasar :
Mengidentifikasi jenis karya seni teater daerah setempat.
Indikator :
- Menunjukkan unsur-unsur seni
pertunjukan teater
“...........................”
-
Menyebutkan karya seni teater daerah yang ada di Jawa Timur
dan fungsinya.
- Membuat Sinopsis dari Seni Teater “...................”
Alokasi waktu :
2 x 40 menit ( 2 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran : Peserta didik
mampu :
Menyebutkan unsur-unsur Seni
Pertunjukan teater “....................”.
1. Menyebutkan
fungsi seni teater “......................”
2. Memilih
Sinopsis Seni Teater “........................”
B. Materi Pokok :
Teater daerah “......................”
dari Jawa Timur
C. Metode Pembelajaran :
Model pendekatan CTL.
D. Langkah – Langkah kegiatan
Pertemuan 1
1. Memotivasi
dan Apersepsi (Pendahuluan)
2. Kegiatan
Inti :
ü Menelaah buku teks
dan media cetak tentang teater “ Mamanda”.
ü Menelaah naskah
teater “Mamanda”
ü Menjelaskan hal-hal
yang perlu diterangkan buku teks dan naskah teater “Mamanda”.
Pertemuan 2
1. Memotivasi
dan Apersepsi (Pendahuluan)
2. Kegiatan
Inti :
ü Melihat pertunjukan
teater “ Mamanda secara langsung melalui media audio visual.
ü Mengamati dialog,
kostum, setting panggung pada teater “Mamanda”
ü Membuat Sinopsis
teater “Mamanda”.
3. Kegiatan
Penutup
ü Menanyakan kepada
siswa kesulitan dalam PBM
ü Menyimpulkan materi
pembelajaran.
A. Sumber Belajar
ü Buku Teks
ü Media Cetak, audit
visual
ü Naskah teater
“Mamanda”
B. Penilaian
Teknik :
Tes Tertulis
Bentuk Instrumen : Uraian
Soal Instrumen :
4. Sebutkan 3 unsur seni
teater “ Mamanda”
5. Sebutkan fungsi karya
Seni Teater “Mamanda”
6. Buatlah Sinopsis dari
pertunjukan Seni teater “Mamanda” yang kamu lihat.
Lembar Penilaian Seni Teater “Mamanda”
Aspek –aspek yang di nilai
|
Kriteria Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
Ketepatan Unsur
|
|||||
Ketepatan
fungsi
|
|||||
Ketepatan
Sinopsis dengan alur cerita
|
|||||
Teknik
Penyampaian dalam bentuk lisan
|
Keterangan : 1 =
(SK), 2 = (K), 3 = (C), 4=(B), 5=(SB)
Tompobalang, 16 Juli 2013
Mengetahui :
Kepala MTs. Darussalam Manuju Guru
Mata Pelajaran
Kaparuddin, S.Pd. Sitti
Suryani, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah :
MTs. Darussalam Manuju
Mata Pelajaran :
Seni Budaya / Seni Teater
Kelas / Semester :
VII (tujuh) / I (satu)
Standar Kompetensi :
Mengekspresikan diri melalui karya seni
teater
Kompetensi Dasar :
Menampilkan Sikap apresiatif terhadap keunikan dan pesan
moral seni teater daerah setempat.
Indikator :
- Menuliskan keunikan teater “.....................”
- Menuliskan pesan moral seni teater “......................”
Alokasi Waktu :
4 x 40 menit ( 4 x pertemuan )
A.
Tujuan Pembelanjaan
Peserta didik mampu :
1. menulis
unsur-unsur yang unik melalui penayangan / media audio visual tentang karya
seni teater “.........................”
2. Menjelaskan
pesan-pesan moral melalui penayangan karya seni teater “....................”
3. Menanggapi
secara singkat kesan yang diperole dari penayangan seni teater “..................”
B.
Materi Pokok
Seni Teater “.......................”
C.
Metode Pembelanjaan
Model Pendekatan CTL
D.
Langkah-langkah Pembelanjaan :
1. Memotivasi dan
Apersepsi
2. Kegiatan Inti :
Pertemuan 1
ü Menyaksikan
Penayangan karya seni teater “Mamanda”
ü Menjelaskan unsur-unsur
yang unik tentang karya seni teater “mamanda”
ü Menjelaskan
pesan-pesan moral tentang penayangan karya seni teater “Mamanda”.
Pertemuan 2
ü Memberikan tanggapan
terhadap karya seni teater”mamanda” setelah menyaksikan tayangan audio visual,
perindividu.
Pertemuan 3
ü Lanjutan pertemuan 2
Pertemuan 4
ü Memberikan tanggapan
terhadap tanggapan temannya.
E. Sumber Belajar
ü Buku teks
ü Naskah teater mamanda
ü VCD
ü Media Cetak
F. Penilaian
Teknik :
Tes Tertulis
Bentuk Instrumen : Uraian
Contoh Instrumen :
1. Tuliskan 3 unsur yang
unik tentang teater “mamanda”
2. Tuliskan 3 pesan
moral tentang teater “mamanda” melalui penayangan yang telah ditonton.
3. Tuliskan secara
singkat kesan yang diperoleh dari penayangan teater “mamanda”
Lembar Penilaian
Aspek –aspek yang di nilai
|
Kriteria Penilaian
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
Ketepatan Unsur
yang unik
|
|||||
Ketepatan pesan
moral
|
|||||
Ketepatan Kean
yang diperoleh
|
Keterangan : 1 =
(SK), 2 = (K), 3 = (C), 4=(B), 5=(SB)
Tompobalang, 16 Juli 2013
Mengetahui :
Kepala MTs. Darussalam Manuju Guru
Mata Pelajaran
Kaparuddin,
S.Pd.
Sitti Suryani, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah :
MTs. Darussalam Manuju
Mata Pelajaran :
Seni Budaya / Seni Teater
Kelas / Semester :
VII (tujuh) / I (satu)
Standar Kompetensi :
Mengekspresikan diri melalui karya seni teater
Kompetensi Dasar : Merancang pertunjukan teater daerah setempat.
Indikator :
- Membuat rencana petunjukan teater daerah setempat
Alokasi Waktu :
4 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu :
- Menyusun sebuah rencana pertunjukkan teater daerah setempat
B. Materi Ajar
Teater daerah setempat
C. Metode Pembelajaran
Model pendekatan CTL
D. Langkah-langkah kegiatan
Pertemuan 1
a.
Motivasi dan Apersepsi
b.
Kegiatan Inti
- Menelaah
buku teks tentang persiapan atau rencana pertunjukan teater daerah
setempat (teater Mamanda).
- Menjelaskan
hal-hal yang perlu diterangkan dalam buku teks.
- Menjelaskan
hal-hal yang diperlukan dalam menyusun rencana pertunjukkan teater
daerah setempat diluar buku teks.
c.
Kegiatan Penutup
- Menanyakan
kesulitan siswa selama proses belajar mengajar
- Menyimpulkan
materi pembelajaran
Pertemuan 2
- Menjelaskan
naskah yang akan dipentaskan
- Alat / Sumber belajar
ü Buku teks
ü Naskah daera setempat
( Teater Mamanda)
ü Guru / Nara sumber
- Penilaian
ü Teknik : Tes tertulis
ü Bentuk Instrumen : Uraian
ü Contoh Instrumen :
Susunlah sebuah rencana pertunjukan teater setempat (teater mamanda)
Tompobalang, 16 Juli 2013
Mengetahui :
Kepala MTs. Darussalam Manuju Guru
Mata Pelajaran
Kaparuddin,
S.Pd.
Sitti Suryani, S.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar