VISUALISASI KEGIATAN



Sabtu, 18 Januari 2014

RPP IPA 7 Semester 1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Madrasah                      :  MTs. Darussalam Manuju
Kelas / Semester          :  VII (tujuh)/Semester 1
Mata Pelajaran              :   IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
 

Standar Kompetensi
1. Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan.

Kompetensi Dasar
1.2. Mendiskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya

Indikator
1.     Menggunakan termometer untuk mengukur suhu zat
2.     Membuat termometer sederhana, berskala berdasarkan sifat perubahan volume
3.     Membandingkan skala termometer Celcius dengan termometer yang lain

Alokasi waktu  :  4 jam pelajaran ( 2 x pertemuan )

A. Tujuan Pembelajaran
     Peserta didik dapat :
1.     menjelaskan pengertian suhu
2.     menggunakan termometer untuk mengukur suhu  benda
3.     melakukan percobaan untuk menentukan skala termometer sederhana
4.     membaca skala pada termometer Celcius
5.     membadingkan skala pada termometer Celcius dan termometer Fahrenheit

B. Materi Pembelajaran: Suhu dan Pengukuran

C. Metode Pembelajaran:
    1.   Model  :  - Direc intruction (DI)
                         - Kooperatif learning
    2.   Metode:  - Diskusi kelompok
                         - Eksperimen                    
                                            
D. Langkah- langkah Kegiatan :

1. Pertemuan Pertama
a.     Kegiatan pendahuluan
*       Motivasi dan apresepsi
§  Disediakan tiga wadah yang berisi air hangat,air dingin dan air sejuk. Siswa diminta menyelupkan tanganya secara bergantian, kemuadian guru menanyakan manakah air yang suhunya lebih tinggi?
§  Alat apakah yang dipakai bila suhu tubuhmu terasa panas ?

*       Prasyarat pengetahuan)
§   Apakah satuan suhu menurut SI ?
§   Termasuk besaran apakah suhu itu ?
      
*       Pra Eksperimen)
§  Berhati-hatilah menggunakan peralatan  yang terbuat dari kaca
§  Juga hati-hati menggunakan api

b.    Kegiatan Inti
·   Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok
·   Secara kelompok peserta didik mendiskusikan  pengertian suhu, kemudian membuat kesimpulan sementara dan anggota masing-masing kelompok mengkomunikasikan.
·   Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang benar
·   Setiap kelompok diberikan sebuah termometer suhu badan, setiap kelompok mendiskusikan bagaimana cara menggunakan termometer yang benar
·   Peserta didik dalam kelompok melakukan eksperimen cara membuat termometer sederhana dengan menggunakan alat-alat yang telah disediakan (termometer tak bersekala, gelas piala, kaki tiga + kassa, air, es batu, kompor spirtus)
·   Peserta didik mengamati dan menuliskan datanya ke dalam LKS
·   Guru memantau dan membimbing tiap kelompok dalam melakukan diskusi kelomp dalam membuat kesimpulan dalam kelompoknya masing-masing
·   Guru bersama peserta didik melakukan diskusi kelas, untuk memberikan kesempat pada masing-masing kelompok untuk mempresentasikan hasilnya, kelompok lainnya menanggapi 
·   Guru memberikan penghargaan kepada kelomopok yang hasilnya paling baik

c.     Kegiatan Penutup
·   Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan/ rangkuman hasil belajar
·   Guru memberikan tes untuk mengetahui daya serap materi yang baru saja dipelajari.
·   Guru memberikan tugas rumah berupa pertanyaan, misalnya mencari macam- macam termometer yang ada dalam kehidupan sehari-hari.
   
2.  Pertemuan kedua
a.     Kegiatan Pendahuluan
·   Motivasi dan Apresepsi
-    Secara klasikal guru memberi pertanyaan, apakah satuan suhu dalam SI?
-    Sebutkan macam-macam termometer yang sudah Anda kenal!
·   Prasyarat pengetahuan
-      Guru menunjukkan sebuah termometer, peserta didik diminta  untuk membaca skala.
      b.  Kegiatan Inti
·   Melalui diskusi kelas, guru memberikan informsi cara membaca skala pada termometer yang benar.
·   Guru memodelkan cara mengunakan termometer secara benar tahap demi tahap
·   Guru membimbing peserta untuk membentuk kelompok dan melakukan trasisi, kemudian membbgikan LKS pada masing-masing kelompok
·   Melalui diskusi kelompok, peserta didik diberi tugas membandingkan skala  pada termometer Celcius dengan termometer Fahrenheit
·   Guru memberikan informasidan memodelkan cara menentukan skala termometer Celcius dan Fahrenheit dengan perbandingan C : F = 5 : 9
·   Guru memberikan contoh latihan cara menghitung skala termometer Celcius dan Fahrenheit.
·   Guru memberikan latihan soal tentang termometer pada masing –masing kelompok kemudian masing-masing perwakilan kelompok mempresentasikan hasilnya.
b.    Kegiatan Penutup
·   Guru bersama peserta didik berdiskusi untuk membuat rangkuman
·   Guru memberikan latihan soal-soal tentang termometer
·   Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


E.  Sumber Belajar
1.     Buku Siswa kelas VII
2.     LKS
3.     Buku Referensi
4.     Alat-alat praktikum sesui dengan LKS

F.  Penilaian Hasil Belajar
a.     Teknik penilaian: 
- Tes tertulis  
- Tes unjuk kerja
b.   Bentuk instrumen:
- Isian  dan  PG
- Uji petik kerja prossedur dan produk
c.     Contoh instrumen:
- Instrumen tes isian :
Alat yang digunakan untuk mengukur suhu zat adalah ....
Kunci : Termometer
Skor  = 1
- Contoh  tes PG:
Bila termometer Celcius menunjuk angka 25 derajat maka termometer Fahrenheit menunjukkan angka ....
a.     41 derajat F
b.    45 derajat F
c.     45,3 derajat F
d.    77 derajat F
Kunci  : d
Skor  = 1
- Uji petik kerja prosedur dan produk:
Lakukan kegiatan untuk membuat termometer sederhana dengan menggu-nakan alat-alat sebagai berikut.
o    termometer tak bersekala
o    kaki tiga + kassa
o    gelas piala
o    lampu spirtus
o    air,  es batu

Rubrik
  No.
     Aspek
  Skor
    1.
 Merangkai alat dengan benar
    2
    2.
 Melakukan kegiatan dengan prosedur yang benar
    4
    3.
 Memperoleh data dari percobaan
    2
    4.
 Membuat kesimpulan dengan benar
    2
   

Jumlah skor

   10

                                                                                                                                                                                                                                    Tompobalang, 16 Juli 2013
Mengetahui,                                                                    
Kepala MTs. Darussalam Manuju                                               Guru Mata Pelajaran




Kaparuddin, S.Pd.                                                                     Hardiyansah, SH
    

















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Madrasah                      :  MTs. Darussalam Manuju
Mata Pelajaran             :  IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas / Semester          :  VII (tujuh)/Semester 1

Standar Kompetensi
2.     Memahami klasifikasi zat

Kompetensi Dasar
2.1  Mengelompokkan sifat larutan asam, larutan basa, dan larutan garam melalui alat dan indikator yang tepat

Indikator
1.     Mengindentifikasi sifat asam, basa, garam dengan menggunakan indikator yang sesuai
2.     Menggunakan alat sederhana untuk menentukan skala keasaman dan kebasaan
3.     Mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan sekitar berdasarkan konsep asam, basa dan garam

Alokasi waktu  :  4 jam pelajaran  (2 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik mampu: 
1.   Mengindentifikasi sifat asam, basa, garam dengan menggunakan indikator yang sesuai
2.   Mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan sekitar berdasarkan konsep asam, basa dan garam
3.   Menggunakan alat sederhana untuk menentukan skala keasaman dan kebasaan

B.  Materi Pembelajaran:
1.   Asam, Basa, Garam

C. Metode Pembelajaran:
     1.   Model        :        
          a. Pengajaran Langsung/Direc intruction (DI)
          b. Kooperatif learning
     2.   Metode      :      
          a. Demonstrasi dan Observasi
          b. Diskusi kelompok

D.  Langkah-langkah Kegiatan:
1. Pertemuan pertama
a.  Kegiatan pendahuluan
·         Motivasi :
o    Menanyakan pada peserta didik apakah pernah merasakan susu yang telah masam, pernahkah memakan antasid (obat anti asam lambung). Guru menghubungkan dengan materi pembelajaran yang akan berlangsung.
o    Guru menyampaikan tujuan yang ingin dicapai pada pembelajaran yang akan dilakukan 
·         Pengetahuan Prasarat:
o    Bahan kimia rumah tangga

b. Kegiatan inti
·         Guru memberikan informasi dengan bahan bacaan yang ada
·         Guru mendemonstrasikan  cara mengidentifikasi sifat asam, basa, garam dengan menggunakan indikator yang sesuai
·         Guru membagi peserta didik kedalam kelompok-kelompok
·         Guru meminta ketua kelompoknya untuk mengambil alat dan bahan.
·         Guru meminta peserta didik mengerjakan LKS SK. 2 / KD. 2.1 (1)  tentang Identifikasi sifat asam, basa, garam”,  yang sudah disiapkan oleh guru.
·         Guru memeriksa kegiatan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar. Jika masih ada peserta didik/kelompok yang belum dapat melakukan dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan
·         Siswa mendiskusikan data kelompok untuk dipresentasikan
·         Hasil diskusi masing-masing kelompok dipresentasikan satu persatu dalam diskusi kelas

c. Kegiatan Penutup
·         Memberi penghargaan pada kelompok dengan kinerja baik
·         Membimbing siswa merangkum pelajaran
·         Uji Kompetensi Lisan untuk mengetahui ketercapaian indikator
·         Memberikan tugas pada peserta didik untuk membawa bahan dalam pertemuan berikutnya

2.  Pertemuan kedua
a.  Kegiatan pendahuluan
·         Motivasi :
o    Guru membawa beberapa kemasan/buah yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari (misalnya: larutan cuka, antasid, sabun, garam dapur dll). Guru menghubungkan dengan materi pembelajaran yang akan berlangsung.
o    Guru menyampaikan tujuan yang ingin dicapai pada pembelajaran yang akan dilakukan 
·         Pengetahuan Prasarat:
o    Identifikasi asam, basa dan garam
b.  Kegiatan inti
·         Guru mempresentasikan pengetahuan deklaratif tentang cara mengelompokkan bahan-baham di lingkungan sekitar berdasarkan konsep asam, basa dan garam
·         Guru membagi peserta didik kedalam kelompok-kelompok
·         Guru meminta peserta didik mengerjakan LKS SK. 2 / KD. 2.1 (2), tentang Mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan sekitar berdasarkan konsep asam, basa dan garamyang sudah diberikan oleh guru
·         Peserta didik melakukan kegiatan menyayat objek sesuai dengan petunjuk di LKS
·         Guru memberikan bimbingan pada masing-masing kelompok secara bergantian
·         Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompoknya
c.  Kegiatan Penutup
·         Memberi penghargaan pada kelompok dengan kinerja baik
·         Membimbing siswa membuat kesipulan hasil pembelajaran bahan kimia  asam, basa dan garampelajaran
·         Uji Kompetensi Lisan untuk mengetahui ketercapaian indikator
E. Sumber Belajar
1. Buku Siswa
2. LKS:
      a. LKS SK. 2 / KD. 2.1 (1)  tentang Identifikasi sifat asam, basa, garam         
b. LKS SK. 2 / KD. 2.1 (2), tentang “Mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan sekitar berdasarkan konsep asam, basa dan garam”
3. Alat dan bahan
F. Penilaian
1. Teknik penilaian
a.     Tes unjuk kerja
b.    Tes tertulis  
2. Bentuk instrumen:
a.     Uji petik kerja prossedur dan produk
b.    Isian  dan  PG
3. Contoh instrumen
a.  Soal tes identifikasi dan uji petik kerja prosedur
·         Diberikan beberapa bahan, kemasan,buah-buahan,
Identifikasi dan kelompokkan berdasarkan sefat asam, basa dan garam!
Rubrik
No
Aspek
Skor
Bobot
1
Cara menggunakan indikator
2
40
2
Kesesuaian antara indikator denga yang di uji
2
40
3
Cara melihat skala
2
20

jumlah
6
100

b.  Contoh tes PG
·         Soal         : Yang termasuk bahan mengandung basa adalah …
a) antasid      b) tablet vitamin C     c) larutan cuka       d) buah jeruk
·         Kunci        :  a
·         Skor         :  1


                                                                                                                                                                                                                                                Tompobalang, 16 Juli 2013
Mengetahui,                                                                    
Kepala MTs. Darussalam Manuju                                               Guru Mata Pelajaran




Kaparuddin, S.Pd.                                                                     Hardiyansah, SH






























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Madrasah                      :  MTs. Darussalam Manuju
Mata Pelajaran             :  IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas / Semester          :  VII (tujuh)/Semester 1

Standar Kompetensi
2.     Memahami klasifikasi zat

Kompetensi Dasar
2.2  Melakukan percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan sehari-hari

Indikator
1.     Melakukan percobaan untuk mengetahui sifat asam dan basa di laboratorium dan misalnya dengan menggunakan bahan makanan tertentu

Alokasi waktu  :  2 jam pelajaran  (1 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik mampu: 
1. Melakukan percobaan untuk mengetahui sifat asam dan basa di laboratorium misalnya dengan menggunakan bahan makanan tertentu

B.  Materi Pembelajaran:
1.   Asam, Basa, Garam

C. Metode Pembelajaran:
     1.   Model        :        
          a. Pengajaran Langsung/Direc intruction (DI)
          b. Kooperatif learning
     2.   Metode      :      
          a. Demonstrasi dan Eksperimean
          b. Diskusi kelompok

D.  Langkah-langkah Kegiatan:
1. Pertemuan pertama
a.  Kegiatan pendahuluan
·         Motivasi :
o    Guru menanyakan pada siswa tentang beberapa minuman kemasan, atau bahan makanan tertentu, yang dihubungkan dengan materi pembelajaran asam dan basa
o    Guru menyampaikan tujuan yang ingin dicapai pada eksperimen yang akan dilakukan (Melakukan percobaan untuk mengetahui sifat asam dan basa di laboratorium misalnya dengan menggunakan bahan makanan tertentu)
·         Pengetahuan Prasarat:
o    Asam, basa dan garam

b.  Kegiatan inti
·         Guru mendemonstrasikan keterampilan menyusun alat dan menginformasikan cara melakukan eksperimen “identifikasi asam, basa” tahap demi tahap
·         Guru membimbing agar siswa duduk berkumpul sesuai kelompok yang telah dibentuk pada pertemuan terdahulu
·         Dalam kelompoknya siswa membaca dan melakukan kegiatan sesuai dengan LKS SK. 2 / KD. 2.2, tentang “identifikasi asam, basa yang telah dibuat oleh guru
·         Guru memberikan kesempatan siswa menanyakan hal-hal yang belum jelas tentang cara kerja dalam LKS
·         Secara berkelompok, siswa melakukan eksperimen untuk menghetahui asam atau basa dari bahan makanan yang diuji
·         Siswa mendiskusikan data kelompok untuk dipresentasikan
·         Hasil diskusi masing-masing kelompok dipresentasikan satu persatu dalam diskusi kelas
·         Guru memberikan penekanan pada hasil diskusi kelas yang sudah benar dan memberikan alternatif jawaban atau data yang benar pada jawaban yang salah atau data yang kurang tepat

c.  Kegiatan Penutup
·         Guru mengevaluasi siswa dengan memberi pertanyaan-pertanyaan secara lisan sekitar indikator pembelajaran yang ingin dicapai
·         Memberikan penghargaan kepada siswa atau kelompok yang kinerjanya bagus
·         Dengan bimbingan guru, siswa menyimpulkan hasil diskusi kelas

E.  Sumber Belajar
1.     Buku sains SMP Kelas VII,
2.     Alat dan bahan eksperimen
3.     LKS yang terdiri dari :
·         LKS SK. 2 / KD. 2.2, tentang “identifikasi asam, basa

F.  Penilaian
1. Teknik penilaian
a. Tes tertulis  

2. Bentuk instrumen:
a.     Pilihan ganda

3. Contoh instrumen
a.  Contoh tes PG
·         Soal           :   Bila menggunakan indikator universal yang dicelupkan ke dalam bahan yang bersifat asam kuat, maka warnanya menjadi …
a) hijau kekuningan                                    c) ungu
b) biru                                                       d) merah
·         Kunci          :  d
·         Skor           :  1
                                  


                                                                                                                                                                                                                                    Tompobalang, 16 Juli 2013
Mengetahui,                                                                    
Kepala MTs. Darussalam Manuju                                               Guru Mata Pelajaran




Kaparuddin, S.Pd.                                                                     Hardiyansah, SH











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Madrasah                      :  MTs. Darussalam Manuju
Mata Pelajaran             :  IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas / Semester          :  VII (tujuh)/Semester 1

Standar Kompetensi
2.     Memahami klasifikasi zat

Kompetensi Dasar
2.3  Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia sederhana

Indikator
1.     Menjelaskan aturan penulisan lambang unsur
2.     Menuliskan nama dan lambang unsur
3.     Menuliskan nama dan rumus kimia sederhana
4.     Memberikan contoh zat yang termasuk senyawa berikut rumus kimianya

Alokasi waktu  :  2 jam pelajaran  (1 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik mampu: 
1. Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia sederhana

B.  Materi Pembelajaran:
1.   Unsur kimia

C. Metode Pembelajaran:
     1.   Model        :        
          a. Pengajaran Langsung/Direc intruction (DI)
          b. Kooperatif learning
     2.   Metode      :      
          a. Observasi
          b. Diskusi kelompok

D.  Langkah-langkah Kegiatan:
1. Pertemuan pertama
a.  Kegiatan pendahuluan
·         Motivasi :
o    Guru menuliskan sebuah rumus kimia (sebuah unsur atau lebih) yang agak besar di papan tulis. Guru menanyakan pada peserta didik, simbol apakah yang ditulis itu. Kemudia mengaitkan dengan materi pembelajaran
o    Guru menyampaikan tujuan yang ingin dicapai pada pelajaran tersebut dan memotivasi siswa belajar
·         Pengetahuan Prasarat:
o    Identifikasi bahan-bahan kimia

b.  Kegiatan inti
·         Guru menyajikan informasi kepada siswa dengan bahan bacaan
·         Guru membimbing dalam pembentukan kelompok
·         Dalam kelompoknya siswa membaca LKS SK. 2 / KD. 2.3  tentang Nama unsur dan rumus kimia sederhana” yang telah dibagikan guru
·         Secara berkelompok, siswa melakukan kegiatan sesuai dengan langkah-langjah pada  LKS
·         Siswa dalam kelompoknya berdiskusi membahas permasalahan yang disajikan dalam LKS.
·         Siswa mendokumenkan data kelompok untuk dipresentasikan
·         Hasil diskusi kelompok disiapkan untuk dipresentasikan dalam diskusi kelas
·         Secara bergantian setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan seluruh kelompok

c.  Kegiatan Penutup
·         Guru mengevaluasi siswa dengan memberi pertanyaan-pertanyaan secara lisan sekitar indikator pembelajaran yang ingin dicapai
·         Memberikan penghargaan kepada siswa atau kelompok yang bagus cara kerjanya
·         Dengan bimbingan guru, siswa menyimpulkan hasil diskusi kelas




E.  Sumber Belajar
1.     Buku sains SMP Kelas VII,
2.     LKS yang terdiri dari :
·         LKS SK. 2 / KD. 2.3, tentang “ Nama unsur dan rumus kimia sederhana

F.  Penilaian
1. Teknik penilaian
a. Tes tertulis  

2. Bentuk instrumen:
a.     Pilihan ganda

3. Contoh instrumen
a.  Contoh tes PG
·         Soal           :  Lambang K merupakan nama unsur ....
a. Kalium                                  c. Karbon
b. Kalor                                    d. Kalsium

·         Kunci          :  a
·         Skor           :  1
                                  


                                                                                                                                                                                                                                                Tompobalang, 16 Juli 2013
Mengetahui,                                                                    
Kepala MTs. Darussalam Manuju                                               Guru Mata Pelajaran




Kaparuddin, S.Pd                                                                      Hardiyansah, SH










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Madrasah                      :  MTs. Darussalam Manuju
Mata Pelajaran             :  IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas / Semester          :  VII (tujuh)/Semester 1

Standar Kompetensi
2.     Memahami klasifikasi zat

Kompetensi Dasar
2.4  Membandingkan sifat unsur, senyawa, dan campuran

Indikator
1.     Membandingkan ciri unsur, senyawa dan campuran berdasarkan pengamatan
2.     Membuat bagan klasifikasi materi secara sederhana berdasarkan ciri-ciri zat (unsur, senyawa dan campuran)
3.     Mengelompokkan zat-zat   kedalam campuran homogen dan heterogen dalam kehidupan sehari-hari

Alokasi waktu  :  2 jam pelajaran  (1 x pertemuan)

A. Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik mampu: 
1.   Membandingkan ciri unsur, senyawa dan campuran berdasarkan pengamatan
2.   Membuat bagan klasifikasi materi secara sederhana berdasarkan ciri-ciri zat (unsur, senyawa dan campuran)
3.   Mengelompokkan zat-zat   kedalam campuran homogen dan heterogen dalam kehidupan sehari-hari

B.  Materi Pembelajaran:
1.   Unsur, senyawa dan campuran

C. Metode Pembelajaran:
     1.   Model        :        
          a. Pengajaran Langsung/Direc intruction (DI)
          b. Kooperatif learning
     2.   Metode      :      
          a. Diskusi kelompok

D.  Langkah-langkah Kegiatan:
1. Pertemuan pertama
a.  Kegiatan pendahuluan
·         Motivasi :
o    Guru membawa segelas air putih dan segelas larutan tepung kanji, ditunjukkan pada peserta didik, salah satu siswa disuruh kedepan untuk mengamati dan duduk kembali. Kemudia guru mengaitkan dengan materi pembelajaran
o    Guru menyampaikan tujuan yang ingin dicapai pada pelajaran tersebut dan memotivasi siswa belajar
·         Pengetahuan Prasarat:
o    Identifikasi bahan-bahan kimia

b.  Kegiatan inti
·         Guru menyajikan informasi kepada siswa dengan bahan bacaan
·         Guru membimbing dalam pembentukan kelompok
·         Dalam kelompoknya siswa membaca LKS SK. 2 / KD. 2.4  tentang Unsur, senyawa dan campuran” yang telah dibagikan guru
·         Secara berkelompok, siswa melakukan kegiatan sesuai dengan langkah-langjah pada  LKS
·         Siswa dalam kelompoknya berdiskusi membahas permasalahan yang disajikan dalam LKS.
·         Siswa mendokumenkan data kelompok untuk dipresentasikan
·         Hasil diskusi kelompok disiapkan untuk dipresentasikan dalam diskusi kelas
·         Secara bergantian setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan seluruh kelompok

c.  Kegiatan Penutup
·         Guru mengevaluasi siswa dengan memberi pertanyaan-pertanyaan secara lisan sekitar indikator pembelajaran yang ingin dicapai
·         Memberikan penghargaan kepada siswa atau kelompok yang bagus cara kerjanya
·         Dengan bimbingan guru, siswa menyimpulkan hasil diskusi kelas
E.  Sumber Belajar
1.     Buku sains SMP Kelas VII,
2.     LKS yang terdiri dari :
·         LKS SK. 2 / KD. 2.4, tentang “Unsur, senyawa dan campuran

F.  Penilaian
1. Teknik penilaian
a. Tes unjuk kerja

2. Bentuk instrumen:
a.     Uji petik kerja prosedur dan produk

3. Contoh instrumen
a.  Diberikan beberapa bahan siswa dapat mengelompokkan dalam bagan klasifikasi materi
·         Buatlah  bagan klasifikasi materi secara sederhana dari bahan-bahan yang disediakan!
                               
Rubrik
No
Aspek
Skor
Bobot
1
Cara mengidentifikasi
2
40
2
Dasar pengelompokan
2
40
3
Hasil
2
20

jumlah
6
100

   



                                                                                                                                                                                                                                                Tompobalang, 16 Juli 2013
Mengetahui,                                                                    
Kepala MTs. Darussalam Manuju                                               Guru Mata Pelajaran




Kaparuddin, S.Pd.                                                                     Hardiyansah, SH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar