RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Madrasah : MTs. Darussalam Manuju
Kelas
/ Semester :
VII (tujuh)/Semester 1
Mata
Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)

Standar Kompetensi
1. Memahami prosedur
ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan.
Kompetensi Dasar
1.2.
Mendiskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya
Indikator
1. Menggunakan
termometer untuk mengukur suhu zat
2. Membuat termometer
sederhana, berskala berdasarkan sifat perubahan volume
3. Membandingkan
skala termometer Celcius dengan termometer yang lain
Alokasi waktu
: 4 jam pelajaran ( 2 x pertemuan
)
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
1.
menjelaskan pengertian suhu
2.
menggunakan termometer untuk mengukur suhu benda
3.
melakukan percobaan untuk menentukan skala termometer
sederhana
4.
membaca skala pada termometer Celcius
5.
membadingkan skala pada termometer Celcius dan termometer
Fahrenheit
B. Materi Pembelajaran: Suhu dan Pengukuran
C. Metode Pembelajaran:
1.
Model : - Direc intruction (DI)
- Kooperatif learning
2.
Metode: - Diskusi kelompok
- Eksperimen
D. Langkah- langkah
Kegiatan :
1. Pertemuan Pertama
a. Kegiatan pendahuluan

§ Disediakan tiga
wadah yang berisi air hangat,air dingin dan air sejuk. Siswa diminta
menyelupkan tanganya secara bergantian, kemuadian guru menanyakan manakah air
yang suhunya lebih tinggi?
§ Alat apakah yang
dipakai bila suhu tubuhmu terasa panas ?

§
Apakah satuan suhu menurut SI ?
§
Termasuk besaran apakah suhu itu ?

§ Berhati-hatilah
menggunakan peralatan yang terbuat dari
kaca
§ Juga hati-hati
menggunakan api
b. Kegiatan Inti
·
Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok
·
Secara kelompok peserta didik mendiskusikan pengertian suhu, kemudian membuat kesimpulan
sementara dan anggota masing-masing kelompok mengkomunikasikan.
·
Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan
informasi yang benar
·
Setiap kelompok diberikan sebuah termometer suhu badan,
setiap kelompok mendiskusikan bagaimana cara menggunakan termometer yang benar
·
Peserta didik dalam kelompok melakukan eksperimen cara
membuat termometer sederhana dengan menggunakan alat-alat yang telah disediakan
(termometer tak bersekala, gelas piala, kaki tiga + kassa, air, es batu, kompor
spirtus)
·
Peserta didik mengamati dan menuliskan datanya ke dalam
LKS
·
Guru memantau dan membimbing tiap kelompok dalam
melakukan diskusi kelomp dalam membuat kesimpulan dalam kelompoknya
masing-masing
·
Guru bersama peserta didik melakukan diskusi kelas, untuk
memberikan kesempat pada masing-masing kelompok untuk mempresentasikan
hasilnya, kelompok lainnya menanggapi
·
Guru memberikan penghargaan kepada kelomopok yang
hasilnya paling baik
c. Kegiatan Penutup
·
Guru bersama peserta didik membuat kesimpulan/ rangkuman
hasil belajar
·
Guru memberikan tes untuk mengetahui daya serap materi
yang baru saja dipelajari.
·
Guru memberikan tugas rumah berupa pertanyaan, misalnya
mencari macam- macam termometer yang ada dalam kehidupan sehari-hari.
2. Pertemuan kedua
a. Kegiatan Pendahuluan
·
Motivasi dan Apresepsi
- Secara klasikal
guru memberi pertanyaan, apakah satuan suhu dalam SI?
- Sebutkan
macam-macam termometer yang sudah Anda kenal!
·
Prasyarat pengetahuan
-
Guru
menunjukkan sebuah termometer, peserta didik diminta untuk membaca skala.
b.
Kegiatan Inti
·
Melalui diskusi kelas, guru memberikan informsi cara
membaca skala pada termometer yang benar.
·
Guru memodelkan cara mengunakan termometer secara benar tahap
demi tahap
·
Guru membimbing peserta untuk membentuk kelompok dan
melakukan trasisi, kemudian membbgikan LKS pada masing-masing kelompok
·
Melalui diskusi kelompok, peserta didik diberi tugas
membandingkan skala pada termometer
Celcius dengan termometer Fahrenheit
·
Guru memberikan informasidan memodelkan cara menentukan
skala termometer Celcius dan Fahrenheit dengan perbandingan C : F = 5 : 9
·
Guru memberikan contoh latihan cara menghitung skala
termometer Celcius dan Fahrenheit.
·
Guru memberikan latihan soal tentang termometer pada
masing –masing kelompok kemudian masing-masing perwakilan kelompok
mempresentasikan hasilnya.
b. Kegiatan Penutup
·
Guru bersama peserta didik berdiskusi untuk membuat
rangkuman
·
Guru memberikan latihan soal-soal tentang termometer
·
Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
E. Sumber Belajar
1. Buku Siswa kelas
VII
2. LKS
3. Buku Referensi
4. Alat-alat
praktikum sesui dengan LKS
F. Penilaian
Hasil Belajar
a. Teknik
penilaian:
- Tes tertulis
- Tes unjuk kerja
b.
Bentuk instrumen:
- Isian dan PG
- Uji petik kerja prossedur dan produk
c. Contoh instrumen:
- Instrumen tes isian :
Alat yang digunakan
untuk mengukur suhu zat adalah ....
Kunci : Termometer
Skor = 1
- Contoh tes PG:
Bila termometer Celcius menunjuk angka
25 derajat maka termometer Fahrenheit menunjukkan angka ....
a.
41 derajat F
b.
45 derajat F
c.
45,3 derajat F
d.
77 derajat F
Kunci : d
Skor = 1
- Uji petik kerja prosedur dan produk:
Lakukan kegiatan untuk membuat
termometer sederhana dengan menggu-nakan alat-alat sebagai berikut.
o
termometer tak bersekala
o
kaki tiga + kassa
o
gelas piala
o
lampu spirtus
o
air, es batu
Rubrik
No.
|
Aspek
|
Skor
|
1.
|
Merangkai alat dengan benar
|
2
|
2.
|
Melakukan kegiatan dengan prosedur yang
benar
|
4
|
3.
|
Memperoleh data dari percobaan
|
2
|
4.
|
Membuat kesimpulan dengan benar
|
2
|
|
Jumlah
skor
|
10
|
Tompobalang,
16 Juli 2013
Mengetahui,
Kepala MTs. Darussalam Manuju Guru
Mata Pelajaran
Kaparuddin, S.Pd. Hardiyansah, SH
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Madrasah : MTs. Darussalam Manuju
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas / Semester : VII (tujuh)/Semester 1
Standar Kompetensi
2. Memahami klasifikasi zat
Kompetensi Dasar
2.1 Mengelompokkan
sifat larutan asam, larutan basa, dan larutan garam melalui alat dan indikator
yang tepat
Indikator
1. Mengindentifikasi
sifat asam, basa, garam dengan menggunakan indikator yang sesuai
2. Menggunakan
alat sederhana untuk menentukan skala keasaman dan kebasaan
3. Mengelompokkan
bahan-bahan di lingkungan sekitar berdasarkan konsep asam, basa dan garam
Alokasi waktu : 4 jam pelajaran (2 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik
mampu:
1. Mengindentifikasi
sifat asam, basa, garam dengan menggunakan indikator yang sesuai
2. Mengelompokkan
bahan-bahan di lingkungan sekitar berdasarkan konsep asam, basa dan garam
3. Menggunakan
alat sederhana untuk menentukan skala keasaman dan kebasaan
B. Materi Pembelajaran:
1. Asam, Basa, Garam
C. Metode Pembelajaran:
1.
Model :
a.
Pengajaran Langsung/Direc intruction (DI)
b. Kooperatif learning
2. Metode :
a.
Demonstrasi dan Observasi
b. Diskusi kelompok
D. Langkah-langkah Kegiatan:
1. Pertemuan pertama
a. Kegiatan pendahuluan
·
Motivasi :
o
Menanyakan pada peserta didik apakah pernah merasakan
susu yang telah masam, pernahkah memakan antasid (obat anti asam lambung). Guru
menghubungkan dengan materi pembelajaran yang akan berlangsung.
o
Guru menyampaikan tujuan yang
ingin dicapai pada pembelajaran yang akan dilakukan
·
Pengetahuan Prasarat:
o
Bahan kimia rumah tangga
b. Kegiatan inti
·
Guru memberikan
informasi dengan bahan bacaan yang ada
·
Guru
mendemonstrasikan cara mengidentifikasi
sifat asam, basa, garam dengan menggunakan indikator yang sesuai
·
Guru membagi peserta didik kedalam kelompok-kelompok
·
Guru meminta ketua kelompoknya untuk mengambil alat dan
bahan.
·
Guru meminta peserta didik mengerjakan LKS SK. 2 / KD.
2.1 (1) tentang “
Identifikasi sifat asam, basa, garam”, yang
sudah disiapkan oleh guru.
·
Guru memeriksa kegiatan peserta didik apakah sudah
dilakukan dengan benar. Jika masih ada peserta didik/kelompok yang belum dapat
melakukan dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan
·
Siswa
mendiskusikan data kelompok untuk dipresentasikan
·
Hasil diskusi
masing-masing kelompok dipresentasikan satu persatu dalam diskusi kelas
c. Kegiatan Penutup
·
Memberi
penghargaan pada kelompok dengan kinerja baik
·
Membimbing siswa merangkum pelajaran
·
Uji Kompetensi
Lisan untuk mengetahui ketercapaian indikator
·
Memberikan tugas
pada peserta didik untuk membawa bahan dalam pertemuan berikutnya
2.
Pertemuan kedua
a. Kegiatan pendahuluan
·
Motivasi :
o
Guru membawa
beberapa kemasan/buah yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
(misalnya: larutan cuka, antasid, sabun, garam dapur dll). Guru menghubungkan dengan
materi pembelajaran yang akan berlangsung.
o
Guru menyampaikan tujuan yang ingin dicapai pada pembelajaran yang akan
dilakukan
·
Pengetahuan
Prasarat:
o
Identifikasi
asam, basa dan garam
b. Kegiatan inti
·
Guru
mempresentasikan pengetahuan deklaratif tentang cara mengelompokkan bahan-baham
di lingkungan sekitar berdasarkan konsep asam, basa dan garam
·
Guru membagi peserta didik kedalam kelompok-kelompok
·
Guru meminta peserta didik mengerjakan LKS SK. 2 / KD.
2.1 (2), tentang “Mengelompokkan bahan-bahan di lingkungan
sekitar berdasarkan konsep asam, basa dan garam” yang sudah diberikan oleh guru
·
Peserta didik melakukan kegiatan menyayat objek sesuai
dengan petunjuk di LKS
·
Guru memberikan bimbingan pada masing-masing kelompok
secara bergantian
·
Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompoknya
c. Kegiatan Penutup
·
Memberi
penghargaan pada kelompok dengan kinerja baik
·
Membimbing siswa
membuat kesipulan hasil pembelajaran bahan kimia asam, basa dan garampelajaran
·
Uji Kompetensi
Lisan untuk mengetahui ketercapaian indikator
E. Sumber Belajar
1. Buku Siswa
2. LKS:
a. LKS SK.
2 / KD. 2.1 (1) tentang “
Identifikasi sifat asam, basa, garam”
b. LKS SK. 2 /
KD. 2.1 (2), tentang “Mengelompokkan
bahan-bahan di lingkungan sekitar berdasarkan konsep asam, basa dan garam”
3. Alat
dan bahan
F. Penilaian
1. Teknik penilaian
a.
Tes unjuk kerja
b.
Tes tertulis
2. Bentuk instrumen:
a.
Uji petik kerja prossedur dan produk
b.
Isian dan PG
3.
Contoh instrumen
a.
Soal tes identifikasi dan uji petik kerja prosedur
·
Diberikan beberapa bahan, kemasan,buah-buahan,
Identifikasi dan kelompokkan
berdasarkan sefat asam, basa dan garam!
Rubrik
No
|
Aspek
|
Skor
|
Bobot
|
1
|
Cara menggunakan indikator
|
2
|
40
|
2
|
Kesesuaian antara indikator denga yang di uji
|
2
|
40
|
3
|
Cara melihat skala
|
2
|
20
|
|
jumlah
|
6
|
100
|
b.
Contoh tes PG
·
Soal : Yang
termasuk bahan mengandung basa adalah …
a)
antasid b) tablet vitamin C c) larutan cuka d) buah jeruk
·
Kunci : a
·
Skor : 1
Tompobalang,
16 Juli 2013
Mengetahui,
Kepala MTs. Darussalam Manuju Guru
Mata Pelajaran
Kaparuddin, S.Pd. Hardiyansah, SH
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Madrasah :
MTs. Darussalam Manuju
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas / Semester : VII (tujuh)/Semester 1
Standar Kompetensi
2. Memahami klasifikasi zat
Kompetensi Dasar
2.2 Melakukan
percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan
sehari-hari
Indikator
1. Melakukan
percobaan untuk mengetahui sifat asam dan basa di laboratorium dan misalnya
dengan menggunakan bahan makanan tertentu
Alokasi waktu : 2 jam pelajaran (1 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik mampu:
1. Melakukan percobaan untuk mengetahui sifat asam
dan basa di laboratorium misalnya dengan menggunakan bahan makanan tertentu
B. Materi Pembelajaran:
1. Asam, Basa, Garam
C. Metode Pembelajaran:
1.
Model :
a.
Pengajaran Langsung/Direc intruction (DI)
b. Kooperatif learning
2. Metode :
a. Demonstrasi dan Eksperimean
b.
Diskusi kelompok
D. Langkah-langkah Kegiatan:
1. Pertemuan pertama
a. Kegiatan pendahuluan
·
Motivasi :
o Guru menanyakan pada siswa
tentang beberapa minuman kemasan, atau bahan makanan tertentu, yang dihubungkan
dengan materi pembelajaran asam dan basa
o Guru menyampaikan tujuan yang
ingin dicapai pada eksperimen yang akan dilakukan (Melakukan
percobaan untuk mengetahui sifat asam dan basa di laboratorium misalnya dengan
menggunakan bahan makanan tertentu)
·
Pengetahuan
Prasarat:
o
Asam, basa dan
garam
b. Kegiatan inti
·
Guru mendemonstrasikan keterampilan menyusun alat dan menginformasikan
cara melakukan eksperimen “identifikasi
asam, basa” tahap demi tahap
·
Guru membimbing
agar siswa duduk berkumpul sesuai kelompok yang telah dibentuk pada pertemuan
terdahulu
·
Dalam kelompoknya
siswa membaca dan melakukan kegiatan sesuai dengan LKS SK. 2 / KD. 2.2, tentang “identifikasi asam, basa” yang telah dibuat oleh guru
·
Guru memberikan
kesempatan siswa menanyakan hal-hal yang belum jelas tentang cara kerja dalam
LKS
·
Secara
berkelompok, siswa melakukan eksperimen untuk menghetahui asam atau basa dari
bahan makanan yang diuji
·
Siswa
mendiskusikan data kelompok untuk dipresentasikan
·
Hasil diskusi
masing-masing kelompok dipresentasikan satu persatu dalam diskusi kelas
·
Guru
memberikan penekanan pada hasil diskusi kelas yang sudah benar dan memberikan
alternatif jawaban atau data yang benar pada jawaban yang salah atau data yang
kurang tepat
c. Kegiatan
Penutup
·
Guru mengevaluasi
siswa dengan memberi pertanyaan-pertanyaan secara lisan sekitar indikator
pembelajaran yang ingin dicapai
·
Memberikan
penghargaan kepada siswa atau kelompok yang kinerjanya bagus
·
Dengan bimbingan
guru, siswa menyimpulkan hasil diskusi kelas
E. Sumber Belajar
1.
Buku sains SMP
Kelas VII,
2.
Alat dan bahan eksperimen
3.
LKS yang terdiri dari :
·
LKS SK. 2 / KD. 2.2, tentang “identifikasi
asam, basa”
F. Penilaian
1. Teknik penilaian
a. Tes tertulis
2. Bentuk
instrumen:
a.
Pilihan ganda
3.
Contoh instrumen
a. Contoh tes PG
·
Soal : Bila menggunakan indikator universal yang
dicelupkan ke dalam bahan yang bersifat asam kuat, maka warnanya menjadi …
a)
hijau kekuningan c)
ungu
b) biru d) merah
·
Kunci :
d
·
Skor :
1
Tompobalang,
16 Juli 2013
Mengetahui,
Kepala MTs. Darussalam Manuju Guru
Mata Pelajaran
Kaparuddin, S.Pd. Hardiyansah, SH
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Madrasah : MTs. Darussalam Manuju
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas / Semester : VII (tujuh)/Semester 1
Standar Kompetensi
2. Memahami klasifikasi zat
Kompetensi Dasar
2.3 Menjelaskan
nama unsur dan rumus kimia sederhana
Indikator
1. Menjelaskan
aturan penulisan lambang unsur
2. Menuliskan
nama dan lambang unsur
3. Menuliskan
nama dan rumus kimia sederhana
4. Memberikan
contoh zat yang termasuk senyawa berikut rumus kimianya
Alokasi waktu : 2 jam pelajaran (1 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik mampu:
1. Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia
sederhana
B. Materi Pembelajaran:
1. Unsur kimia
C. Metode Pembelajaran:
1.
Model :
a. Pengajaran Langsung/Direc
intruction (DI)
b. Kooperatif learning
2. Metode :
a.
Observasi
b. Diskusi kelompok
D. Langkah-langkah Kegiatan:
1. Pertemuan pertama
a. Kegiatan pendahuluan
·
Motivasi :
o
Guru menuliskan sebuah rumus
kimia (sebuah unsur atau lebih) yang agak besar di papan tulis. Guru menanyakan
pada peserta didik, simbol apakah yang ditulis itu. Kemudia mengaitkan dengan
materi pembelajaran
o
Guru menyampaikan tujuan yang
ingin dicapai pada pelajaran tersebut dan memotivasi siswa belajar
·
Pengetahuan
Prasarat:
o
Identifikasi
bahan-bahan kimia
b. Kegiatan inti
·
Guru menyajikan informasi
kepada siswa dengan bahan bacaan
·
Guru membimbing dalam pembentukan kelompok
·
Dalam kelompoknya siswa membaca LKS SK. 2 / KD.
2.3 tentang ” Nama unsur dan rumus kimia
sederhana” yang telah dibagikan guru
·
Secara berkelompok, siswa melakukan kegiatan sesuai
dengan langkah-langjah pada LKS
·
Siswa dalam kelompoknya berdiskusi membahas permasalahan
yang disajikan dalam LKS.
·
Siswa mendokumenkan data kelompok untuk dipresentasikan
·
Hasil diskusi kelompok disiapkan untuk dipresentasikan
dalam diskusi kelas
·
Secara bergantian setiap kelompok mempresentasikan hasil
diskusi kelompoknya di depan seluruh kelompok
c. Kegiatan
Penutup
·
Guru mengevaluasi
siswa dengan memberi pertanyaan-pertanyaan secara lisan sekitar indikator
pembelajaran yang ingin dicapai
·
Memberikan
penghargaan kepada siswa atau kelompok yang bagus cara kerjanya
·
Dengan bimbingan
guru, siswa menyimpulkan hasil diskusi kelas
E. Sumber Belajar
1.
Buku sains SMP
Kelas VII,
2.
LKS yang terdiri dari :
·
LKS SK. 2 / KD. 2.3, tentang
“ Nama unsur dan rumus
kimia sederhana”
F. Penilaian
1. Teknik penilaian
a. Tes tertulis
2. Bentuk
instrumen:
a.
Pilihan ganda
3.
Contoh instrumen
a. Contoh tes PG
·
Soal :
Lambang K merupakan nama unsur ....
a. Kalium c.
Karbon
b. Kalor d.
Kalsium
·
Kunci :
a
·
Skor :
1
Tompobalang,
16 Juli 2013
Mengetahui,
Kepala MTs. Darussalam Manuju Guru
Mata Pelajaran
Kaparuddin, S.Pd Hardiyansah, SH
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Madrasah : MTs. Darussalam Manuju
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Kelas / Semester : VII (tujuh)/Semester 1
Standar Kompetensi
2. Memahami klasifikasi zat
Kompetensi Dasar
2.4 Membandingkan
sifat unsur, senyawa, dan campuran
Indikator
1. Membandingkan
ciri unsur, senyawa dan campuran berdasarkan pengamatan
2. Membuat bagan
klasifikasi materi secara sederhana berdasarkan ciri-ciri zat (unsur, senyawa
dan campuran)
3. Mengelompokkan
zat-zat kedalam campuran homogen dan
heterogen dalam kehidupan sehari-hari
Alokasi waktu : 2 jam pelajaran (1 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran:
Peserta didik mampu:
1. Membandingkan
ciri unsur, senyawa dan campuran berdasarkan pengamatan
2. Membuat bagan
klasifikasi materi secara sederhana berdasarkan ciri-ciri zat (unsur, senyawa
dan campuran)
3. Mengelompokkan
zat-zat kedalam campuran homogen dan
heterogen dalam kehidupan sehari-hari
B. Materi Pembelajaran:
1. Unsur, senyawa dan campuran
C. Metode Pembelajaran:
1.
Model :
a. Pengajaran Langsung/Direc
intruction (DI)
b.
Kooperatif learning
2. Metode :
a.
Diskusi kelompok
D. Langkah-langkah Kegiatan:
1. Pertemuan pertama
a. Kegiatan pendahuluan
·
Motivasi :
o
Guru membawa segelas air putih
dan segelas larutan tepung kanji, ditunjukkan pada peserta didik, salah satu
siswa disuruh kedepan untuk mengamati dan duduk kembali. Kemudia guru
mengaitkan dengan materi pembelajaran
o
Guru menyampaikan tujuan yang
ingin dicapai pada pelajaran tersebut dan memotivasi siswa belajar
·
Pengetahuan
Prasarat:
o
Identifikasi
bahan-bahan kimia
b. Kegiatan inti
·
Guru menyajikan informasi
kepada siswa dengan bahan bacaan
·
Guru membimbing dalam pembentukan kelompok
·
Dalam kelompoknya siswa membaca LKS SK. 2 / KD.
2.4 tentang ” Unsur, senyawa dan campuran”
yang telah dibagikan guru
·
Secara berkelompok, siswa melakukan kegiatan sesuai
dengan langkah-langjah pada LKS
·
Siswa dalam kelompoknya berdiskusi membahas permasalahan
yang disajikan dalam LKS.
·
Siswa mendokumenkan data kelompok untuk dipresentasikan
·
Hasil diskusi kelompok disiapkan untuk dipresentasikan
dalam diskusi kelas
·
Secara bergantian setiap kelompok mempresentasikan hasil
diskusi kelompoknya di depan seluruh kelompok
c. Kegiatan
Penutup
·
Guru mengevaluasi
siswa dengan memberi pertanyaan-pertanyaan secara lisan sekitar indikator
pembelajaran yang ingin dicapai
·
Memberikan
penghargaan kepada siswa atau kelompok yang bagus cara kerjanya
·
Dengan bimbingan
guru, siswa menyimpulkan hasil diskusi kelas
E. Sumber Belajar
1.
Buku sains SMP
Kelas VII,
2.
LKS yang terdiri dari :
·
LKS SK. 2 / KD. 2.4, tentang
“Unsur, senyawa dan
campuran”
F. Penilaian
1. Teknik penilaian
a. Tes unjuk kerja
2. Bentuk instrumen:
a. Uji petik kerja prosedur dan produk
3. Contoh
instrumen
a.
Diberikan beberapa bahan siswa dapat mengelompokkan dalam bagan
klasifikasi materi
·
Buatlah bagan klasifikasi materi secara sederhana
dari bahan-bahan yang disediakan!
Rubrik
No
|
Aspek
|
Skor
|
Bobot
|
1
|
Cara mengidentifikasi
|
2
|
40
|
2
|
Dasar pengelompokan
|
2
|
40
|
3
|
Hasil
|
2
|
20
|
|
jumlah
|
6
|
100
|
Tompobalang,
16 Juli 2013
Mengetahui,
Kepala MTs. Darussalam Manuju Guru
Mata Pelajaran
Kaparuddin, S.Pd. Hardiyansah, SH
Tidak ada komentar:
Posting Komentar